program pertanian inklusif

Program Pertanian Inklusif

0 minutes, 55 seconds Read

Lingkar Sosial Indonesia (LINKSOS) bekerjasama dengan beberapa pihak mengembangkan program pertanian inklusif. Tujuan dari program ini di antaranya meningkatkan ketahanan pangan masyarakat secara umum termasuk penyandang disabilitas, serta regenerasi petani.

 

Program saat ini berjalan di dua kabupaten/kota, yaitu Kabupaten Malang dan Kota Malang.  Jenis kegiatan saat ini adalah tanam jagung, sayur-sayuran, serta hidroponik.

Tanam jagung dilakukan di area Lapangan Tembak Rindam V/Brawijaya.  Sedangkan tanam sayur sayuran dilakukan di lahan pekarangan  Panti Karya Asih. LINKSOS juga menfasilitasi hubungan kerjasama antar petani dan produsen sirup buah markisa di sekitar Gunung Wedon. Ketiga kegiatan tersebut dalam wilayah Kecamatan Lawang, Kabupaten Malang.

Sedangkan hidroponik saat ini masih dalam tahap praktik pascapelatihan bersama Madani Farm di Kecamatan Kedung Kandang, Kota Malang. LINKSOS juga bekejasama untuk pemasaran pupuk organik produk penyandang disabilitas.

Jumlah penerima manfaat saat ini berjumlah 21 orang dengan rincian 6 pendamping laki-laki dan 3 pendamping perempuan, 9 perempuan disabilitas dan 9 laki-laki disabilitas. Saat ini, Penyandang disabilitas yang bergabung dari ragam disabilitas fisik, mental, intelektual, dan tuli.

Peluang kerjasama program pertanian inklusif saat ini, LINKSOS memerlukan berbagai macam pelatihan, hibah permodalan, serta pengelolaan lahan.

Info kerjasama kontak 0857-6463-9993 (Ken)

Similar Posts