Difpala

Difabel Pecinta Alam

Difabel Pecinta Alam atau Difpala merupakan kelompok pemberdayaan penyandang disabilitas di bidang pelestarian alam dan lingkungan. Kelompok ini dalam naungan Yayasan Lingkar Sosial Indonesia (LINKSOS), organisasi difabel penggerak inklusi di Jawa Timur, Indonesia. Keanggotaan Difpala inklusif meliputi penyandang disabilitas dari seluruh ragam termasuk orang yang mengalami kusta, serta masyarakat luas. 

Difpala bertujuan (1) Meningkatkan peran aktif penyandang disabilitas dalam kegiatan pelestarian alam dan lingkungan (2) Meningkatkan kepercayaan diri, pengetahuan dan ketrampilan serta ketangguhan penyandang disabilitas (3) Membangun ekosistem sosial dan lingkungan hidup yang inklusif dan (4) Mengkampanyekan upaya penghormatan, pelindungan dan pemenuhan hak-hak penyandang disabilitas melalui kegiatan pelestarian alam dan lingkungan.

Kegiatan

Belajar Bahasa Isyarat di Gunung Wedon

Sekolah Alam Gunung Wedon

Sekolah Alam berlokasi di Gunung Wedon, sebuah bukit berketinggian 660 mdpl di Desa Turirejo, Lawang, Kab. Malang. Sekolah ini sebagai pusat belajar dan kaderisasi Difpala melalui praktik penghijauan, merawat sumber air, dan memungut sampah di jalur pendakian.

Timsus Pendaki Difabel

Timsus Pendaki Difabel merupakan unit khusus pendaki gunung dari Difabel Pecinta Alam. Tim ini inklusif dan berbasis kemampuan, sebagai garis depan kampanye hapus stigma dan diskriminasi melalui kegiatan mendaki gunung. 

Bantuan Sosial dan Edukasi Tanggap Bencana bagi Difabel

Tim Respon Sosial

Tim Respon Sosial (Resos) bekerja membantu masyarakat terdampak bencana alam, mulai dari suplai logistik hingga edukasi tanggap bencana bagi penyandang disabilitas. 

Sako inklusi

Satuan Komunitas Pramuka Inklusi

Satuan Komunitas (Sako) Inklusi Lingkar Sosial Indonesia merupakan sako inklusi pertama di Indonesia. Anak-anak Difpala melakukan transformasi diri sebagai pramuka demi memahamkan inklusivitas dalam dunia pendidikan.

air dan hutan

Tim Penghijauan

Penghijauan, merawat sumber air, serta membersihkan pos dan jalur pendakian menjadi agenda wajib secara berkala sebagai wujud bhakti alam semesta.  Khususnya di wilayah Malang, Pasuruan dan Mojokerjo, kegiatan penghijauan dikemas dalam Misi Arjuno Inklusi. 

Misi Arjuno Inklusi 2023

Jambore Difpala

Jambore Difpala (Difabel Pecinta Alam) merupakan even tahunan Lingkar Sosial Indonesia (LINKSOS) sebagai bentuk kampanye penghormatan, pelindungan dan pemenuhan hak-hak penyandang disabilitas melalui kegiatan pelestarian alam dan lingkungan. 

Struktur Kepengurusan
Difabel Pecinta Alam

Ken Kerta
Ken Kerta
Pembina
Widi Sugiarti
Widi Sugiarti
Koordinator I Bidang Perencanaan dan Logistik
Kholilurohman
Unit Timsus Pendaki Difabel
Fuji Rahayu
Fuji Rahayu
Unit Pendamping Pendakian
Sumiati
Unit Sosialisasi Bahasa Isyarat
Heru Iswanto
Unit Penghijauan
Priyo Utomo
Koordinator II Bidang Pendidikan dan Pelatihan
Agung Tyo
Unit Mitigasi dan Pemandu Pendakian
Cakrahayu
Unit Survei jalur dan Mitigasi
Ezra Juniawan
Unit Sekolah Alam

Kampanye Publik

Misi Arjuno Inklusi 2023

Jambore Difabel Pecinta Alam

Jambore Difpala (Difabel Pecinta Alam) merupakan even tahunan Lingkar Sosial Indonesia (LINKSOS) yang bertujuan Difpala bertujuan  mengkampanyekan upaya penghormatan, pelindungan dan pemenuhan hak-hak penyandang disabilitas melalui kegiatan pelestarian alam dan lingkungan. Kegiatan ini melibatkan difabel dari berbagai ragam termasuk akibat kusta, serta masyarakat luas.

Catatan Perjalanan