Program YESS Disabilitas

Program YESS untuk Petani Disabilitas

1 minute, 36 seconds Read
Listen to this article
Program YESS Kementerian Pertanian dan Lingkar Sosial Indonesia (LINKSOS) bekerjasama mengembangkan kewirausahaan dan ketenagakerjaan generasi muda penyandang disabilitas di sektor pertanian. 
Ken Kerta
Ken Kerta
Ketua Pembina Lingkar Sosial Indonesia

Program YESS (Youth Entrepreneurship and Employment Support Services) adalah program kerja sama antara Kementerian Pertanian dan International Fund for Agricultural Development (IFAD). Program ini bertujuan untuk mengembangkan kewirausahaan dan ketenagakerjaan generasi muda di sektor pertanian. 

Sedangkan LINKSOS adalah pusat pemberdayaan disabilitas dan kusta di Jawa Timur untuk wilayah kerja di seluruh Indonesia. 

 

Lokasi program YESS

Sasaran program YESS adalah pemuda berusia 17-39 tahun yang berdomisili tetap atau memiliki NIK di 4 Provinsi lokasi Program YESS (Jawa Barat, Jawa Timur, Kalimantan selatan, dan Sulawesi Selatan) di 15 Kabupaten.

Di Jawa Barat, Program YESS berlokasi di Kabupaten Cianjur, Sukabumi, Tasikmalaya, dan Subang. Sedangkan untuk Jawa Timur, berlokasi di Kabupaten Malang, Pasuruan, Tulungagung, dan Pacitan.

Sementara itu Kalimantan Selatan, program YESS ada di Kabupaten Banjar, Tanah Laut, dan Tanah Bumbu. Selanjutnya Sulawesi Selatan ada di Kabupaten Bantaeng, Bulukumba, Maros, dan Bone. 

Petani disabilitas di lokasi di atas bisa langsung menghubungi kantor YESS di wilayah masing-masing. Informasi alamat silahkan ikuti tautan ini  https://hibah.yesskementan.org/. Namun khususnya petani disabilitas di Jawa Timur, bisa meminta bantuan LINKSOS di Unit Layanan Disabilitas (ULD), Jl Thamrin 2, Lawang, Kabupaten Malang. 

 

Apa saja program YESS? 

YESS memiliki empat program spesial yaitu Hibah Kompetitif, Pelatihan dan Pemagangan dan PWMP. Hibah kompetitif adalah bantuan modal usaha kepada pelaku usaha pertanian. 

Kemudian Pelatihan adalah workshop bisnis dan pengelolaan startup pertanian. Sedangkan Pemagangan adalah kegatan untuk  peningkatan kapasitas SDM pertanian. Terakhir PWMP adalah Program Penumbuhan Wirausahawan Muda Pertanian

Khususnya pendanaan hibah kompetitif bersumber dari pelaksanaan program YESS (LOAN IFAD). Dana tunai paling banyak sebesar Rp 10.000.000,00 (sepuluh juta rupiah) untuk kategori Pemula, Rp 25.000.000,00 (dua puluh lima juta rupiah) untuk kategori berkembang, dan Rp 50.000.000,00 (lima puluh juta rupiah) untuk kategori maju. Lihat sumber informasi selengkapnya

 

Bergabung

LINKSOS membantu petani dengan disabilitas  terhubung dengan Program YESS. Teknisnya, silahkan isi form berikut. Form pendataan. 

Similar Posts

Skip to content