Kemah bakti inklusi

Merencanakan Kemah Bakti Inklusi

2 minutes, 46 seconds Read

Pemerintah Desa Turirejo, Lingkar Sosial Indonesia (LINKSOS) dan Pramuka Kwarran Lawang akan menggelar Kemah Bakti Inklusi. Waktu kegiatan direncanakan pada Hari Pramuka, 13-14 Agustus 2022.

 

Kegiatan tersebut dalam koordinasi Muspika Lawang dan Korwil Lawang Dinas Pendidikan Kabupaten Malang. Even juga berkoordinasi dengan Perhutani terkait penggunaan Gunung Wedon sebagai lokasi wahana bakti alam Pramuka.

Gagasan Kemah Bakti Inklusi disepakati pada rapat inisiasi, Jumat 22 Juli 2022, pk 20.00 di ruang kelas SDN 3 Turirejo, Desa Turirejo, Kecamatan Lawang, Kabupaten Malang.

Pertemuan ini juga merupakan lanjutan dari kegiatan sebelumnya di antaranya Sarasehan Rintisan Bhumi Perkemahan Inklusi di Gunung Wedon (15 Juni 2021), serta Pencanangan Desa Wisata Inklusi Turirejo (23 Juni 2022)

[irp posts=”3192″ name=”Rintisan Bhumi Perkemahan Inklusi Gunung Wedon Lawang”]

 

Pesan Inklusi

Hadir dalam rapat ini Ketua Pramuka Kwarran Lawang, Gunarto berserta beberapa pembina Pramuka: Hari Siswanto, Duri, Heri, Rizki, Tomo dan Ganis. Peserta rapat lainnya adalah Kasun Simping, Rudi yang mewakili Pemerintah Desa Turirejo, serta Ketua Pembina LINKSOS, Kertaning Tyas.

“Inklusi dan Disabilitas adalah dua hal yang berbeda namun berkaitan,” terang Kertaning Tyas dalam sambutannya. Disabitas adalah terkait keterbatasan fisik, intelektual, mental, dan sensorik. Sedangkan inklusi adalah memuat seluruh hak dan ragam identitas warga negara termasuk penyandang disabilitas.

Maka terkait kemah inklusi merupakan kemah yang terbuka bagi seluruh Pramuka, baik penyandang disabilitas maupun non penyandang disabilitas, rinci Ken Kerta sapaan akrabnya.

[irp posts=”6800″ name=”Pencanangan Desa Wisata Inklusi Turirejo”]

 

Hasil rapat

Pertemuan inisiasi menghasilkan beberapa poin penting dan rencana tindak lanjut, di antaranya:

  1. Menggelar acara Kemah Bakti Inklusi di Lapangan Desa Turirejo pada tangal 13-14 Agustus 2022, bertepatan di Hari Pramuka 2022
  2. Acara Kemah Bakti Inklusi sekaligus pembentukan Sako Inklusi pertama di Indonesia
  3. Penyelenggara acara adalah Pemerintah Desa Turirejo bekerjasama dengan LINKSOS sebagai entitas organisasi inklusi disabilitas dan Pramuka Kwarran Lawang.
  4. Menyepakati peserta rapat inisiasi sebagai pengurus inti kegiatan Kemah Bakti Inklusi yang bertanggungjawab menyusun konsep dasar kegiatan dan memastikan acara berjalan sesuai dengan tujuan.
  5. Kegiatan memanfaatkan fasilitas desa yang ada, serta dukungan sponsor dan sumber dana lainnya yang sah
  6. Tema acara adalah Kemah Bakti Inklusi, dilaksanakan selama dua hari. Kegiatan hari ke-1 (13 Agustus) adalah pembukaan oleh Pramuka Penegak dan Difabel Pecinta Alam (Difpala), dilanjutkan dengan persiapan acara peresmian esok hari, serta berkemah. Hari ke-2 (14 Agustus) adalah peresmian acara oleh Ketua Pramuka Kwarcab Malang.
  7. Rincian acara hari ke-2 adalah pentas seni dan bazar inklusi, peresmian acara oleh Kwarcab Malang. Selanjutnya menuju lokasi penghijauan Gunung Wedon.
  8. Untuk menyukseskan tujuan di atas, akan dilakukan langkah-langkah sebagai berikut:
    • Membuat surat tugas dari Pemerintah Desa Turirejo kepada Rudy dan Ken. Isi surat tugas adalah (1) sosialisasi kegiatan Kemah Bakti Inklusi ke SLB, Sekolah Inklusi dan komunitas penyandang disabilitas. (2) Mendata kesediaan lembaga calon peserta tentang jumlah peserta yang akan dikirim serta produk dan talent yang akan ditampilkan dalam pentas seni dan bazar inklusi.
    • Kasun Turi, Arifin mengkoordinir penyiapan lokasi perkemahan lapangan Turirejo dan lokasi penghijauan Gunung Wedon.
    • Setelah data calon peserta diperoleh, satu hari setelahnya digelar rapat pengurus inti untuk mengolah kembali konsep dasar kemah bakti inklusi.
    • Satu hari setelah rapat pengurus inti, diadakan rapat pembentukan panitia kemah bakti inklusi yang melibatkan: Pemerintah Desa Turirejo, perwakilan Pramuka Kwarran Lawang, LINKSOS, Puskesmas Lawang, RSJ Dr Radjiman Wediodingrat, PMI Lawang, Poltekkes Kemenkes Malang, DIFPALA, PPBI Bekti Luhur, perwakilan SLB, perwakilan sekolah inklusi, perwakilan komunitas penyandang disabilitas, dan elemen lain terkait.

[irp posts=”7778″ name=”Undangan Kemah Bakti Inklusi-1″]

Informasi

PERS RILIS. Informasi lebih lanjut tentang Kemah Bakti Inklusi hubungi 0857-6463-9993 (Ken)

(admin)

Similar Posts