Educamp Putuk Lesung Gunung Arjuno 2024

Kikin Tarigan, Anggota Dewan Kehormatan Gudep Inklusif Pangkalan Lingkar Sosial Indonesia

4 minutes, 53 seconds Read
Listen to this article
Kikin Tarigan dikukuhkan sebagai Anggota Kehormatan Difabel Pecinta Alam (Difpala) sekaligus Anggota Dewan Kehormatan Gudep Inklusif Pangkalan Lingkar Sosial Indonesia.
Ken Kerta
Ken Kerta
Founder Lingkar Sosial Indonesia

Lingkar Sosial Indonesia (LINKSOS) mengukuhkan Kikin Tarigan sebagai Anggota Kehormatan Difabel Pecinta Alam (Difpala) sekaligus Anggota Dewan Kehormatan Gugusdepan (Gudep) Inklusif Pangkalan Lingkar Sosial Indonesia. Prosesi pengukuhan dilakukan dalam kegiatan Educamp Putuk Lesung Gunung Arjuno 20241

Kikin Tarigan adalah Komisioner Komisi Nasional Disabilitas (KND) masa bakti 2021-2026. Sedangkan Komisi Nasional Disabilitas (KND) merupakan lembaga independen non struktural yang bertanggung jawab langsung kepada Presiden, berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 68 Tahun 2020. 

Pembentukan KND bertujuan untuk memastikan dan memantau implementasi penghormatan, perlindungan dan pemenuhan hak-hak penyandang disabilitas2

Kikin Tarigan, Anggota Dewan Kehormatan Gudep Inklusif Pangkalan Lingkar Sosial Indonesia
Upacara Pembukaan Educamp Putuk Lesung Gunung Arjuno, 22 Juni 2024

Educamp Putuk Lesung Gunung Arjuno 2024

Educamp Putuk Lesung Gunung Arjuno 2024 adalah kegiatan Difabel Pecinta Alam (Difpala) untuk hiking, berkemah, sharing pengetahuan dan keterampilan, eksplorasi alam dan wisata heritage serta kaderisasi pendaki difabel dan pendamping.

Kegiatan terselenggara atas kerjasama Lingkar Sosial Indonesia dan Komisi Nasional Disabilitas (KND). Kepesertaan educamp inklusif. Peserta berasal dari anggota Difabel Pecinta Alam (Difpala), anggota Gudep Inklusi Mpu Prapanca (27-187) dan Wedwawedan (27-188) serta terbuka bagi masyarakat luas.

Educamp berlangsung selama tiga hari, 21-22-23 Juni 2024 di Putuk Lesung Gunung Arjuno dengan ketinggian puncak sekitar 1.740 mdpl. 22 orang mengikuti kegiatan ini. Peserta terdiri dari tiga orang disabilitas fisik, satu orang disabilitas mental, empat orang disabilitas netra, satu orang Tuli, satu orang disabilitas wicara, serta 12 orang non disabilitas.

Kikin Tarigan, Anggota Dewan Kehormatan Gudep Inklusif Pangkalan Lingkar Sosial Indonesia
Peserta Educamp Putuk Lesung Gunung Arjuno 2024

Apa itu Difpala?

Difabel Pecinta Alam atau Difpala adalah kelompok pemberdayaan penyandang disabilitas di bidang pelestarian alam dan lingkungan. Kelompok ini dalam naungan Yayasan Lingkar Sosial Indonesia (LINKSOS), pusat pemberdayaan disabilitas di Jawa Timur, Indonesia.

Kendati demikian, keanggotaan Difpala inklusif meliputi penyandang disabilitas dari seluruh ragam termasuk orang yang mengalami kusta, serta masyarakat luas. Salah satu tujuan Difpala adalah meningkatkan peran aktif penyandang disabilitas dalam kegiatan pelestarian alam dan lingkungan.

Gudep Inklusif pangkalan Lingkar Sosial Indonesia

Mengenal Gudep Inklusif Pangkalan Lingkar Sosial Indonesia

Untuk pertama kalinya, organisasi penyandang disabilitas memiliki gugusdepan (gudep) Gerakan Pramuka. Gudep tersebut teregistrasi di Kwarcab Kabupaten Malang dengan nomor 27-187 (Mpu Prapanca) dan 27-188 (Wedwawedan) berpangkalan di Yayasan Lingkar Sosial Indonesia3.

Pembentukan Gudep inklusif pangkalan Lingkar Sosial Indonesia melalui musyawarah gudep (mugus), Sabtu, 12 Agustus 2024. Peserta mugus berasal dari Kwartir Ranting Lawang Gerakan Pramuka serta sekitar 25 penyandang disabilitas dan pendamping4

Tentang gudep inklusif, termuat dalam Keputusan Kwarnas Nomor 231 Tahun 2007 Tentang Petunjuk Penyelenggaraan Gugusdepan Gerakan Pramuka. Gudep Inklusif adalah gudep biasa yang sebagian anggotanya penyandang disabilitas dengan SKU yang disesuaikan dengan kemampuan dan ragam disabilitas.

Kikin Tarigan, Anggota Dewan Kehormatan Gudep Inklusif Pangkalan Lingkar Sosial Indonesia
Pengukuhan Kikin Tarigan, Komisioner KND, sebagai Anggota Kehormatan Difpala dan Gudep Inklusif pangkalan Lingkar Sosial Indonesia, 22 Juni 2023 di Putuk Lesung Gunung Arjuno.

Pengukuhan Anggota Kehormatan

Dalam kesempatan Educamp Putuk Lesung Gunung Arjuno 2024, Lingkar Sosial Indonesia (LINKSOS) mengukuhkan Kikin Tarigan sebagai Anggota Kehormatan Difabel Pecinta Alam (Difpala) sekaligus Anggota Dewan Kehormatan Gudep Inklusif Pangkalan Lingkar Sosial Indonesia.

Pengukuhan tersebut melalui upacara pengukuhan sekaligus upacara pembukaan Educamp Putuk Lesung Gunung Arjuno, 22 Juni 2024.

Anggota Kehormatan Difpala adalah seseorang yang ditetapkan oleh pengurus dengan pertimbangan telah berjasa atau berperan serta untuk mencapai tujuan Difpala. Sedangkan Dewan Kehormatan Gugusdepan merupakan badan tetap yang dibentuk oleh Pembina Gudep sebagai badan yang menetapkan pemberian anugerah, penghargaan dan sanksi.

Dewan Kehormatan Gudep memiliki dua tugas penting. Pertama, menilai sikap dan perilaku anggota Gerakan Pramuka yang melanggar kode kehormatan atau merugikan nama baik Gerakan Pramuka. Kedua, menilai sikap, perilaku dan jasa seseorang untuk mendapatkan anugerah, penghargaan berupa tanda jasa.

Aturan terkait Dewan Kehormatan Gudep, termuat dalam Keputusan Kwarnas Nomor 231 Tahun 2007 Tentang Petunjuk Penyelenggaraan Gugusdepan Gerakan Pramuka.

Kikin Tarigan, Anggota Dewan Kehormatan Gudep Inklusif Pangkalan Lingkar Sosial Indonesia
searah jarum jam: Founder LINKSOS, Ken Kerta dan Komisioner KND Kikin Tarigan di sekretariat LINKSOS, Kabupaten Malang, 21 Juni 2024

Rintisan Sako Daya

Kikin Tarigan merupakan anggota Komisioner KND yang memiliki perhatian terhadap masalah cinta alam dan kepramukaan. Perhatian tersebut diwujudkan dalam perjanjian kerjasama KND dan LINKSOS tentang Pengarusutamaan Isu Disabilitas di Bidang Cinta Alam dan Kepramukaan.

Salah satu bentuk kerjasama KND dan LINKSOS adalah membentuk Satuan Komunitas Pramuka Disabilitas Berdaya (Sako Daya). Sako Daya merupakan organisasi pendukung Gerakan Pramuka yang merupakan himpunan dari gugus depan berbasis komunitas yang memiliki kesamaan aspirasi dalam upaya penghormatan, perlindungan dan pemenuhan hak-hak penyandang disabilitas.

  1. Informasi Educamp Putuk Lesung Gunung Arjuno 2024 https://lingkarsosial.org/informasi-educamp-putuk-lesung-gunung-arjuno-2024/ []
  2. Apa itu Komisi Nasional Disabilitas? https://nasional.kompas.com/read/2022/12/06/01330021/apa-itu-komisi-nasional-disabilitas- []
  3. Rencana Kerja Gudep Inklusif Mpu Prapanca- Wedwawedan 2024 https://lingkarsosial.org/rencana-kerja-gudep-inklusif-mpu-prapanca-dan-wedwawedan-kabupaten-malang-tahun-2024/ []
  4. LINKSOS Bentuk Gudep Inklusif https://lingkarsosial.org/gudep-inklusi-linksos/ []

Similar Posts

Skip to content