Anak Istimewa Melukis pada Totebag

Persiapan Anak Istimewa Melukis pada Totebag

2 minutes, 1 second Read
Listen to this article

Memaknai HUT 109 Kota Malang, Unit Layanan Disabilitas (ULD) Parekraf Kota Malang menggelar beberapa even disabilitas. Even tersebut di antaranya bertajuk Anak Istimewa Melukis pada Totebag. 

Sebagai informasi, ULD Parekraf merupakan unit yang memberikan pelayanan dan fasilitasi pemberdayaan Penyandang Disabilitas melalui beberapa program kegiatan di bidang pariwisata dan ekonomi kreatif. Untuk pertama kalinya, LINKSOS mengembangkan ULD Parekraf bekerjasama dengan Parekraf Kota Malang.

[irp posts=”11797″ ]

Tujuan kegiatan 

Koordinator ULD Parekraf Kota Malang, Ken Kerta menjelaskan, kegiatan Anak Istimewa Melukis pada Totebag bertujuan untuk mengembangkan bakat minat anak-anak disabilitas di bidang seni. Kegiatan juga bertujuan untuk membuka peluang bisnis baru bagi penyandang disabilitas dan keluarganya. 20 anak berkebutuhan khusus dari berbagai ragam disabilitas rencanaya akan mengikuti kegiatan ini.

Rentang usia para peserta adalah dari usia anak hingga remaja. Meski demikian, kepesertaan juga terbuka bagi usia dewasa, khususnya bagi penyandang disabilitas intelektual. Beberapa kasus diketahui perkembangan mental penyandang disabilitas intelektual secara umum tidak selaras dengan usia biologisnya.

“Secara umum kegiatan terbuka pada anak-anak berkebutuhan khusus dari berbagai ragam disabilitas,” ujar Ken Kerta. Namun secara khusus, even ini sebagai inisiatif untuk pemberdayaan anak-anak dengan disabilitas intelektual, di antaranya down syndrom dan grahita.

Latar belakang dari kegiatan ini adalah anak-anak dengan disabilitas intelektual mengalami kesulitan dalam memperoleh kesempatan kerja, baik kerja formal maupun informal. Stigma yang mereka alami adalah ketidakmampuan mengerjakan tugas-tugas, meskipun penyandang disabilitas telah memiliki keterampilan kerja. 

“Kegiatan anak istimewa melukis pada totebag merupakan advokasi jangka pendek untuk mengkampanyekan keahlian dan kemampuan anak-anak dengan disabilitas, khususnya dari ragam disabilitas intelektual,” ungkap Ken.

Sedangkan untuk jangka menengah dan jangka panjang, di antaranya melakukan advokasi kebijakan untuk kesetaraan kesempatan hak kerja dan wirausaha bagi penyandang disabilitas. 

Hasil yang diharapkan, yang pertama masyarakat mengenal lebih dalam tentang potensi anak-anak disabilitas sehingga akan mengikis stigma. Kemudian yang kedua untuk meningkatkan kapasitas diri anak-anak berkebutuhan khusus sekaligus membuka peluang bisnis baru bagi mereka.

 

Rencana tindak lanjut

Rencana tindak lanjut pascaeven, ULD Parekraf Kota Malang akan menfasilitasi pelatihan, produksi dan pemasaran tas totebag dengan lukisan karya anak-anak istimewa. Harapannya, usaha totebag ini akan menjadi peluang bisnis baru yang ramah lingkungan.

“Totebag merupakan tas jinjing berbahan kain yang ramah lingkungan, sebagai pengganti kresek/plastik,” tandas Ken. Dengan demikian kegiatan ini sekaligus sebagai bentuk kampanye dan edukasi masyarakat tentang produk zero waste atau nol sampah.

Jadwal even Anak Istimewa Melukis pada Totebag adalah pada hari Sabtu, 8 April 2023 di Lantai 4, mulai pukul 10.00. Kuota terbatas, informasi dan pendaftaran hubungi Pak Sanai 0856-5558-6793, dan Pak Saiful 0813-1089-7164.

 

(Admin)

Similar Posts

Skip to content