Menuju HUT ke-107 Kota Malang, Kata Hati Satu Misi Pemulihan Ekonomi

Walikota Malang Sutiaji mengadakan dialog dengan NZR Indonesia Bersatu, Komunitas Peduli Jasa Konstruksi (KPJK) dan Tim Kerja MalangGleerrr.com. Hal ini dilakukan guna mencari solusi, sinergi dan kolaborasi dalam mengatasi seluruh dampak pandemi virus Covid-19 di Kota Malang. Dialog menyepakati lima poin penting daya dukung pemulihan ekonomi Kota Malang, juga membahas agenda perayaan HUT ke-107 Kota Malang.

Hadir dalam rapat tersebut Dendy Kusumawardhan (Ketua NZR Indonesia Bersatu), Agus Mul (Ketua KPJK), Sam WES (CEO MalangGleerrr.com), serta Icha Aprilia (CFO MalangGleerrr.com), dan beberapa peserta lainnya dari masing-masing organisasi.

“Dasar dari agenda kerjasama antar pihak adalah kesepahaman terhadap lima hal utama sebagai daya dukung pemulihan ekonomi dan lintas sektor di Kota Malang,” tutur CEO MalangGleerrr.com, melalui pers rilisnya, Rabu, 20 januari 2021.

Yang pertama adalah peningkatan kualitas sumberdaya manusia bagi para pelaku UMKM, IKM dan ekonomi kreatif di kota malang, rinci Sam Wes sapaan akrabnya. Kemudian yang kedua pemanfaatan teknologi digital/ malang digital service. Dan yang ketiga peningkatan daya saing UMKM, IKM & ekonomi kreatif di Kota Malang.

Selanjutnya yang keempat membuka ruang-ruang partisipasi dan kolaborasi publik yang seluas-luasnya, dengan tujuan utama pemulihan ekonomi di Kota Malang. Dan terakhir, memperkuat berbagai program ketahanan & kesehatan masyarakat di Kota Malang.

Lima poin tersebut akan kita wujudkan di momen terdekat yaitu HUT ke-107 Kota Malang, melalui rangkaian kegiatan bertajuk KATA HATI SATU MISI PEMULIHAN EKONOMI,” ungkap Sam Wes.

Rangkaian kegiatan tersebut akan dilaksanakan di beberapa tempat di Kota Malang, mulai dari Stadion Gajayana, Gedung Kartini, Taman Krida Budaya, Gedung Kesenian Gajayana dan lainnya.

Even akan dimulai sejak 1 April hingga 10 April 2021, dengan beberapa kegiatan diantaranya lomba burung berkicau tingkat nasional, festival CSR, expo pembangunan Kota Malang, pentas kreasi & karya komunitas di Kota Malang, bursa UMKM, IKM & ekonomi kreatif dan lain-lainnya.

“Harapannya (berbagai kegiatan) bisa terus diikuti dengan berbagai program kerja yang inovatif, produktif dan benar-benar menjadi solusi bagi seluruh warga Kota Malang,” dukung Walikota Malang Sutiaji dalam kesempatan tersebut.

Namun tentu saja hal tersebut bukanlah pekerjaan yang mudah untuk dilakukan. Oleh karena itu, saya sangat terbuka dan mengajak seluruh pihak-pihak di Kota Malang, untuk bekerja bersama-sama, pungkas Sutiaji.

 

Menjaga kesehatan sambil memulihkan ekonomi masyarakat

CEO MalangGleerrr.com, Wahyu Eko Setiawan menilai meski berat dan penuh tantangan, perlahan Kota Malang akan keluar dari kemelut dampak pandemi. Kebijakan Walikota Malang dalam menjaga kesehatan masyarakat sambil memulihkan ekonomi dipandang berhasil oleh pemerintah pusat.

Berjalannya program pengendalian dan penjagaan kesehatan masyarakat yang beriringan dengan berbagai program pemulihan ekonomi di Kota Malang, menurut Sam Wes hal ini tak lepas dari upaya Walikota yang kerap mengambil kebijakan dan penuh tantangan.

Juga peran lintas komunitas di Kota Malang yang inisiatif melakukan kolaborasi dan kerjasama, mulai dari komunitas sosial, komunitas kemanusiaan, komunitas seni budaya, komunitas hobby, dan lainnya.

Termasuk peran Tim Kerja MalangGleerrr.com yang selama ini menggalang pemulihan ekonomi berbasis para pelaku UMKM & IKM di Kota Malang, yang juga menampung 17 subsektor Ekonomi Kreatif di Kota Malang.

“Sebagai hal yang wajar dalam dinamika kemasyarakatan, bahwa Kota Malang meski secara prestasi sudah diakui secara nasional, namun di internal warga Kota Malang masih terdapat perdebatan pro vs kontra,” pungkas Wahyu Eko Setiawan. (Ken)

 

Lihat Video diskusi Walikota Malang dengan lintas komunitas:

 

Facebook Comments