Apresiasi Stafsus Presiden untuk Percepatan Vaksinasi Covid-19

1 minute, 29 seconds Read

Stafsus Presiden Angkie Yudistia memberikan penghargaan kepada Yayasan Lingkar Sosial Indonesia (LINKSOS) sebagai mitra percepatan vaksinasi Covid-19 bagi penyandang disabilitas di Jawa Timur Tahun 2021. Apresiasi diberikan tertanggal 6 September 2021.

Pun sebaliknya, LINKSOS memberikan Inclusive Award 2022. Kerjasama kedua belah pihak tersebut, tak hanya terkait vaksinasi, melainkan bantuan pangan di masa pandemi serta berlanjut penguatan ekonomi penyandang disabilitas pascapandemi.

Peran aktif masyarakat

Program vaksinasi Covid-19 memerlukan dukungan dan peran aktif masyarakat. Terlebih bagi penyandang disabilitas, peran komunitas disabilitas sangat penting sebagai fasilitator penerapan vaksin. Khususnya dalam hal ini terkait etika dan teknik berkomunikasi dengan penyandang disabilitas.

Partisipasi masyarakat dalam penanggulangan bencana sesuai dengan UU RI Nomor 24 Tahun 2007 Tentang Penanggulangan Bencana, serta  sesuai Permenkes Nomer 8 Tahun 2019 Tentang Pemberdayaan Masyarakat Bidang Kesehatan.

Beberapa inisiasi yang dilakukan Lingkar Sosial Indonesia adalah:

  1. Memberikan informasi kepada Pemerintah dan publik melalui  pers rilis Dukung Difabel Hadapi Covid-19, yang berisi tentang ulasan hambatan difabel mengakses informasi COVID-19, serta hal-hal yang bisa dilakukan Permerintah terkait hal tersebut
  2. Melakukan penyemprotan disinfektan anti Covid-19 di sejumlah fasilitas umum
  3. Melakukan kunjungan ke rumah-rumah difabel untuk sosialisasi Covid-19 bersama kader kesehatan.

Selain kerjasama untuk percepatan vaksinasi Covid-19 bagi penyandang disabilitas, LINKSOS juga membantu distribusi bantuan pangan. Bekerjasama dengan Yayasan Thisabel (Tahun 2020) dan Yayasan Menembus Batas (Tahun 2022), yang difasilitasi oleh Tim Stafsus Presiden, LINKSOS menyalurkan paket sembako ke ratusan penyandang disabilitas di Kabupaten Malang dan Kota Malang.

Kerjasama berkelanjutan

Pascapandemi, Tim Staf Khusus Presiden (SKP) Angkie Yudistia, Mbak Wulan dan Mbak Vanny berkunjung ke Kantor LINKSOS di Unit Layanan Disabilitas (ULD) Kecamatan Lawang, 23 Desember 2022. Kunjungan membahas prospek kerjasama kedua belah pihak di bidang pemberdayaan ekonomi pasca pandemi.

Baca juga  Hasta Komunika Award 2016 untuk Pemberdaya Masyarakat

Di sela kunjungan tersebut, Lingkar Sosial Indonesia (LINKSOS), menyerahkan Inclusive Award 2022 kepada Tim SKP untuk disampaikan kepada Stafsus Prediden Angkie Yudhistia sebagai mitra percepatan vaksinasi Covid-19 bagi penyandang disabilitas Tahun 2021.

(admin)

Kunjungan Tim Stafsus Presiden Angkie Yudistia ke kantor LINKSOS

Similar Posts