Jambore nasional difpala 2023

3 Muspika dalam Jambore Nasional Difpala 2023

2
2 minutes, 21 seconds Read

Tiga Muspika di wilayah Kabupaten Malang dan Kabupaten Pasuruan mendukung pelaksanaan Jambore Nasional Difabel Pecinta Alam (Difpala), 18-19 Maret 2023 di Putuk Lesung Gunung Arjuno.

 

Lokasi kegiatan

Komisi Nasional Disabilitas (KND) RI dan Lingkar Sosial Indonesia (LINKSOS) bekerjasama mengelar Jambore Nasional Difpala 2023,” terang Ketua Pembina LINKSOS, Kertaning Tyas atau Ken Kerta.

Lokasi kegiatan mencakup tiga wilayah, yaitu diawali Temu KND dan Muspika Lawang di Pringgitan Kecamatan Lawang, terang Ken. Kemudian dilanjutkan pendakian Gunung Arjuno via Purwosari, serta berakhir di Putuk Lesung yang masuk dalam wilayah Purwodadi. Kedua berada di Kabupaten Pasuruan.

“Oleh sebab itu kami melakukan pendekatan dan koordinasi dengan Camat, Koramil dan Polsek terkait,” terang Ken. Selain itu kami juga berkoordinasi dengan pengelola wisata Gunung Arjuno melalui pokdarwis setempat di wilayah Goa Ontoboego.

[irp posts=”11818″ ]

Protokol Keselamatan

Komisi Nasional Disabilitas (KND) merupakan lembaga independen non struktural yang bertanggungjawab langsung terhadap Presiden. KND dibentuk berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 68 Tahun 2020 tentang Komisi Nasional Disabilitas (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2020 Nomor 144).

Lembaga ini bertugas memantau, mengevaluasi, dan mengadvokasi atas pelaksanaan penghormatan, pelindungan, dan pemenuhan hak penyandang disabilitas.

Ken menjelaskan bahwa koordinasi dengan tiga Muspika di Kabupaten Malang dan Kabupaten Pasuruan merupakan bagian dari penerapan protokol kami atas hadirnya KND dalam kegiatan Jambore. “Terlebih dalam kegiatan beresiko tinggi seperti mendaki gunung, keselamatan Komisioner KND dan tim menjadi prioritas.”

 

Pelepasan Tim Jambore

“Atas nama Muspika Lawang, kami menyatakan apresiasi atas kerjasama kegiatan ini,” ujar Sekcam Lawang Taufik Nurrahman mewakili Camat Lawang Agus Harianto.

Lingkar Sosial Indonesia (LINKSOS) dalam hal ini mitra kami di sebagai Unit Layanan Disabilitas (ULD) Kecamatan Lawang, telah melakukan berbagai praktik baik. Di antaranya adalah pengembangan desa-desa inklusi dan Posyandu Disabilitas, terang Taufik.  

Dalam kesempatan Temu KND-Muspika dan pelepasan Tim Jambore Nasional Difpala, turut hadir memberikan arahan yaitu Danramil 0818/27 Lawang dan Kapten Inf Miftahudin dan Panit Intelkam Polsek Lawang Ipda Boy Surinda mewakili Kapolsek Lawang Kompol  Yanuar Rizal Ardianto. 

Ketua Komisi Nasional Disabilitas (KND) RI, Dante Rigmalia mengapresiasi koordinasi tersebut. “Upaya koordinasi dengan lintas Muspika dan pelibatan sektoral ini menunjukkan praktik baik kerjasama.”

 

Jambore berlangsung sukses

Jambore Difpala diikuti oleh sekira 30 peserta dari berbagai ragam disabilitas, serta lintas sektor dan instansi. Lintas sektor tersebut di antaranya Puskesmas Lawang, Puskesmas Nguling, Panti Karya Asih, Gerkatin Kota Malang, Pendamping Desa Kecamatan Wonosari Kabupaten Malang, serta Mapala dari UMM. 

Agenda Jambore Nasional Difpala 2023 di Putuk Lesung Gunung Arjuno tersebut meliputi sosialisasi KND, penandatanganan nota kesepahaman LINKSOS-KND, diskusi lintas setor, upacara bendera, serta pembersihan lokasi perkemahan dari sampah plastik. 

“Secara umum acara berjalan baik dan sukses,” terang Ken Kerta. Terimakasih kami sampaikan kepada seluruh Camat, Danramil dan Kapolsek di wilayah Lawang, Purwosari, dan Purwodasi.

Serta khususnya pengelola wisata Gunung Arjuno, melalui pokdarwis setempat Desa Tambaksari, Bapak Fery Sunoto. Fasilitas pendakian dan nge-camp dari Ontoboego hingga Putuk Lesung memiliki jalur pendakian yang terawat, dan memiliki ketersediaan air, toilet dan shelter, sehingga nyaman sebagai tempat kegiatan. 

 

(Admin)

Similar Posts

2 Comments

Comments are closed.