RW 4 Desa Bedali: Bansos dari Warga untuk Warga

 

Aksi sosial bertajuk dari warga untuk warga di gelar di RW 4 Dusun Krajan Desa Bedali Kecamatan Lawang Kabupaten Malang. Sekira 100 paket sembako disalurkan kepada warga masyarakat RW 4 terdampak Covid-19. Kegiatan yang dilakukan secara swadaya masyarakat ini, merupakan donasi tahap tiga.

Warga yang mampu, menyumbang dalam bentuk uang ataupun bahan pangan untuk kemudian diwujudkan dalam paket sembako. Bahkan kesempatan donasi juga diberikan kepada warga masyarakat lainnya menurut kemampuan masing-masing melalui kotak amal.

Ketua RW 4, Supriyadi, didampingi Sekretaris Desa Bedali, Slamet Joko Santoso, Kepala Dusun Krajan, Mishariyanto, Sekretaris RW, Andri Nurpujo, dan Pembina Karang Taruna RW 4, Sugiyanto, menerangkan kegiatan menerapkan standar protokol kesehatan.

Warga diwajibkan menggunakan masker, serta panitia menyediakan handsanitizer. Untuk menghindari kerumunan, pembagian dibagi menjadi 4 kloter, masing-masing terdiri dari 25 warga.

Aksi sosial melibatkan peran aktif Karang Taruna, mulai dari pengadaan barang, packing, cetak kupon hingga penyaluran. Dengan harapan akan mampu menumbuh kembangkan jiwa sosial utamanya bagi generasi muda.

“Kegiatan ini adalah pembagian sembako dari warga untuk warga,” terang Supriyadi kepada LINKSOS saat ditemui disela kegiatan, Minggu 12 Juli 2020 di RW 4 Desa Bedali.

Sembako didapat dari donatur warga RW 4 dan beberapa donatur dari luar, lalu kita kelola dan kebetulan kali ini kami serahkan  kepada Karang Taruna untuk EO atau even organizernya, sambungnya.

Supriyadi menilai bahwa situasi saat ini tidak sedang baik-baik saja, banyak orang terdampak pandemi, maka pihaknya menggalang dana dari donatur dan warga untuk kegiatan donasi paket sembako bagi masyarakat.

Lebih lanjut Ketua RW 4 tersebut mengungkap adanya dukungan dari  jaringan luar Lawang dan Malang yang terhubung melalui media sosial.

“Setiap kegiatan kami laporkan ke medsos, baik melalui whatsapp maupun facebook untuk transparansi, terkait kegiatan ini memang benar-benar untuk membantu masyarakat,” tandasnya.

Harapan kedepan, kata Supriyadi kegiatan ini kami pandang positif, karena kekuatan lingkungan itu harus berasal dari lingkungan sendiri. Juga berharap kegiatan ini bisa dilakukan di RW-RW lain atau desa lainnya.

Tidak ada yang tidak bisa selain kita mau melakukan dan warga diberikan pemahamaan bahwa ini untuk kebaikan bersama,” tukasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Sekretaris Desa Bedali, Slamet Joko Santoso menyampaikan apresiasi kepada Ketua dan warga RW4 serta Taruna.

“Kegiatan ini sangat berarti di masa pandemi, semoga kegiatan semacam ini dapatmenjadi contoh dan dilakukan di RW-RW lainnya,” pungkasnya. (Ken)

 

Lihat video:
Facebook Comments
WhatsApp chat