HDI 2023 KOTA BATU

Persiapan Hari Disabilitas Internasional (HDI) 2023 di Kota Batu

2
3 minutes, 47 seconds Read
Listen to this article
Rute, Rundown dan Aturan Pawai Empati 1000 Bunga HDI 2023 Kota Batu

Rute, Rundown dan Aturan Pawai

Berikut rute, rundown dan aturan Pawai Empati 1000 Bunga. Lihat disini.

Daftar Pawai Empati 1000 Bunga

Ikuti Pawai Empati 1000 Bunga di Alun-alun Kota Batu, 5 Desember 2023. hanya 10 menit jalan kaki. Pawai ini membawa pesan-pesan inklusif. Daftar di sini. 

Daftar Pentas Seni

Pentas seni inklusif melibatkan disabilitas dan non disabilitas, senua setara tanda beda, Minggu 17 Desember 2023 di Rumah madhang Godhong Gedhang.  Daftar di sini. 

HDI 2023 KOTA BATU

Daftar Pameran/ Bazar

Ada pameran produk, pameran proses produk, hingga bazar yang menjual barang dan jasa, Minggu 17 Desember 2023 di Rumah Madhang Godhong Gedhang. Daftar di sini. 

HDI 2023 Kota Batu

Usulan/ Rekomendasi Kota Inklusif

Apa usulanmu agar kota/kabupaten tempat tinggalmu inklusif, ramah bagi disabilitas dan kelompok rentan lainnya? Tulis usulan, gagasan dan fikiranmu di sini. 

non politik non parpol

Non Politik Non Parpol

Forum Inklusi Kota Batu atau FIK Batu, menggelar peringatan Hari Disabilitas Internasional (HDI) secara swadaya masyarakat, bersifat murni sosial, dan tidak berafiliasi dengan partai politik maupun kampanye politik. Read more.. 

Pawai Empati 1000 Bunga, Pentas Seni dan Apresiasi Karya Difabel

Dalam rangka memperingati Hari Disabilitas Internasional (HDI) 2023, Forum Inklusi Kota (FIK) Batu akan menggelar Pawai Empati 1000 Bunga, Pentas Seni dan Apresiasi Karya Difabel. Event ini sebagai pengalaman pertama komunitas disabilitas Kota Batu merayakan HDI bersama lintas sektor.

 

Forum Inklusi Kota (FIK Batu) adalah forum lintas organisasi penyandang disabilitas dan stake holder di Kota Batu yang bertujuan membangun kesadaran dan kepedulian masyarakat luas terhadap disabilitas guna mendorong terciptanya gerakan ramah disabilitas. Forum ini dibentuk sejak 2 November 2023 melalui FGD Masyarakat Peduli Disabilitas kerjasama Dinas Sosial Kota Batu dan LINKSOS Chapter Kota Batu.

 

Saat ini, FIK Batu beranggotakan 12 organisasi penyandang disabilitas dan 3 organisasi stakeholder. Keanggotaan forum ini terbuka dan inklusif merangkum semua organisasi yang memiliki aspirasi yang sama tentang inklusi disabilitas.

 

Mempersiapkan HDI 2023

 

Guna mempersiapkan peringatan HDI 2023 Kota Batu, FIK Batu menggelar rapat di SLBN Kota Batu, Sabtu 18 November 2023. Rapat tersebut dihadiri oleh beberapa organisasi anggota FIK Batu yaitu SLBN Kota Batu, Difabel Pecinta Alam (Difpala), Komunitas Difaba (Disabilitas Kota Batu), Shining Tuli Kota Batu, APKLI Kota Batu, LINKSOS Chapter Kota Batu, Satuan Komunitas Pramuka (Sako) Inklusi, TBM Wacan dan Pertuni Kota Batu.

 

Fasilitator FIK Batu, Ken Kertaning Tyas merinci hasil rapat persiapan HDI 2023 tersebut. Bahwa rapat menghasilkan kesepakatan tujuan dan bentuk even serta susunan panitia. Terpilih sebagai Ketua Panitia adalah Mardi Setia Ningsih dari organisasi APKLI Kota Batu, dan Wakil Ketua Panitia, Ariyati dari SLBN Kota Batu.

 

“Ini akan menjadi pengalaman pertama komunitas disabilitas di Kota Batu merayakan Hari Disabilitas Internasional (HDI) di Kota Batu,” ujar Ken Kerta yang pula sebagai Ketua Pembina LINKSOS, Sabtu 18 November 2023 dalam rapat persiapan HDI di SLBN Kota Batu.

 

LINKSOS konsisten menggerakkan even HDI se Malang Raya sejak tahun 2015, ungkap Ken. Even-even tersebut telah diadakan di Kabupaten Malang dan Kota Malang. Namun berbeda dengan tahun ini, atas inisiatif masyarakat Hari Disabilitas Internasional 2023 juga akan digelar di Kota Batu.

 .

Tujuan, Bentuk dan Waktu Kegiatan

 

“Even HDI 2023 Kota Batu memiliki beberapa tujuan pokok diantaranya menciptakan ruang kreasi dan mempromosikan potensi penyandang disabilitas di Kota Batu,” terang Ken. Lanjutnya, HDI juga sekaligus untuk mengkampanyekan kesetaraan hak penyandang disabilitas, meningkatkan kesadaran masyarakat serta menggalang kerjasama lintas sektor.

 

“Bentuk kegiatan adalah rangkaian even, yaitu pawai empati 1000 bunga, pentas seni dan apresiasi karya difabel,” terang Ken. Pawai empati 1000 bunga akan dilaksanakan pada hari Selasa, 5 Desember 2023. Sedangkan pentas seni dan apresiasi karya difabel akan dilaksanakan pada hari Minggu, 17 Desember 2023 di Graha Pancasila Kota Batu. 

 

Lanjutnya, peserta pawai empati 1000 bunga HDI 2023 Kota Batu terdiri dari penyandang disabilitas dan pendamping serta masyarakat yang simpatik. Mereka akan mengelilingi alun-alun Kota Batu dan membagikan 1000 bunga kepada pengunjung alun-alun. 

 

Sedangkan pentas seni dan apresiasi karya difabel akan menampilkan seni tari, menyanyi, beladiri, tilawah, pantomim, melukis, fashion show, musik, dan kolosal bapang. Even HDI 2023 Kota Batu juga akan menyajikan pameran dan bazar kuliner, batik, make up, makrame (tali temali), kriya kayu, daur ulang sampah, serta pijat akupresur dan refleksi. 

 

Jumlah dan lingkup peserta

 

Target jumlah peserta untuk pentas seni dan apresiasi karya difabel adalah 500 orang, sudah termasuk 100 anak peserta lomba melukis. Sama halnya jumlah peserta pawai empati 1000 bunga, panitia menargetkan 500 peserta. Meski demikian, even bersifat publik sehingga setiap orang bisa hadir untuk mendukung. 

 

Lingkup peserta adalah Malang Raya. panitia akan mengirimkan surat undangan ke sekolah-sekolah luar biasa dan sekolah inklusi di Kota Batu. Selain itu panitia juga akan membuat undangan terbuka untuk komunitas disabilitas se Malang Raya.

 

Kerjasama dan Informasi lebih lanjut

 

Forum Inklusi Kota (FIK) Batu membuka ruang kerjasama bagi semua pihak untuk bekerjasama. Informasi lebih lanjut tentang Hari Disabilitas Internasional (HDI) Kota Batu 2023, silahkan menghubungi: ☎️ 0812-4905-5553 (Mardi Setia Ningsih) 0822-3446-6551 (Ariyati) 0857-6463-9993 (Ken Kerta)

 

 

Similar Posts

Skip to content