Kerjasama Apindo Malang dengan Organisasi Disabilitas

1 minute, 42 seconds Read

Bupati Malang HM Sanusi mengapresiasi kesepakatan kerjasama antara Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Kabupaten Malang dan organisasi penyandang disabilitas. Lingkup kerjasama seputar penempatan dan penyaluran tenaga kerja.

 

Organisasi penyandang disabilitas yang terlibat dalam kerjasama ini adalah NPCI Kabupaten Malang, Lingkar Sosial Indonesia (LINKSOS), dan Gerkatin Kabupaten Malang. Ketiga organisasi tersebut, sebelumnya intens melakukan komunikasi dan kerjasama dengan Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Malang.

 

“Pelaku perusahaan sudah memberikan trend positif dengan memberikan kesempatan kepada penyandang disabilitas,” ujar HM Sanusi, Jumat, 18 November 2022 di Grand Miami Hotel Kepanjen. Harapannya, makin banyak perusahaan yang mengikuti mempekerjakan penyandang disabilitas, tandasnya.

Apresiasi organisasi penyandang disabilitas

 

Sebagai gambaran, di Kabupaten Malang terdapat sekira 2000 perusahaan, 16 di antaranya telah memperkerjakan penyandang disabilitas. Total jumlah tenaga kerja disabilitas yang telah terserap adalah 180 orang, terbanyak dari ragam disabilitas rungu.

 

“Kami sangat mengapresiasi APINDO serta Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Malang, even ini sebagai langkah awal membumikan implementasi hak ketenagakerjaan bagi penyandang disabilitas, “ ujar Ketua Pembina LINKSOS, Kertaning Tyas.

 

Harapan kami setelah ini ada sosialisasi etika dan teknik berinteraksi dengan penyandang disabilitas baik bagi menejemen maupun pekerja, imbuh Ken sapaan akrabnya. Tersebut merupakan bagian dari materi kesadaran inklusi disabilitas.

 

“Minimnya pengetahuan tentang disabilitas menjadi salah satu faktor pemicu konflik dalam dunia kerja, baik antara menejemen dengan pekerja disabilitas, maupun sesama pekerja,” ungkap Ken. Maka sosialisasi tentang etika dan teknik berinteraksi itu sangat penting.

Implementasi UU Disabilitas

 

Senada disampaikan Kadisnaker Malang, Yoyok Wardoyo yang menekankan implementasi UU RI Nomor 8 Tahun 2016 sebagai konsep perusahaan mempekerjaan penyandang disabilitas.

Baca juga  Justice for Disability dalam Proses Peradilan di Jawa Timur

 

“Ini tujuannya untuk mendapatkan persamaan hak dengan bekerja sejajar dengan yang lainnya,” tukas Yoyok.

 

Sebagai informasi, even bertajuk Temu Konsultasi Apindo dan Peduli Dunia Kerja ini merupakan rangkaian hari jadi ke 1.262 Kabupaten Malang. Even ini juga memberikan penghargaan bagi beberapa perusahaan dan perwakilan karyawannya sebagai pelopor dalam dunia kerja inklusi.

 

Kegiatan dihadiri beberapa tokoh di antaranya Asisten 1 Bidang Pemerintahan dan Kesra Sekda Kabupaten Malang, Suwadji, Ketua DPP Apindo Jawa Timur, Eddy Widjanarko, Ketua DPK Apindo Kabupaten Malang Sutjipto Harsono, Sekjen DPK Apindo Kabupaten Malang, Samuel Molindo, dan beberapa lainnya.

(admin)

Similar Posts