Kembalikan Habitat Asli Sungai Warga Desa Sumber Ngepoh Siapkan Pemancingan Liar

KAB. MALANG- Karang Taruna Desa Sumber Ngepoh, Kecamatan Lawang, Kabupaten Malang dan lintas komunitas didukung Pemerintah Desa setempat melakukan gotong rotong pembersihan sungai Kali Sambeng, Minggu 21 Juni 2020. Gotong royong ini dimaksudkan untuk memulihkan kondisi sungai yang bersih dan mengembalikan habitat asli kali tersebut, serta mempersiapkan adanya wisata pemancingan liar.

Sungai yang dulunya dikenal dengan nama Kedung Sambeng ini, awalnya cukup dalam dan bersih untuk mandi dan keperluan sehari-hari warga Dusun Ngepoh. Namun, karena pengaruh modernisasi tanpa diimbangi kesadaran lingkungan seperti pembuangan sampah rumah tangga ke sungai, menyebabkan Kali Sambeng lambat laun mengalami pendangkalan dan kotor.

“Minggu ini kita mengadakan kegiatan untuk pengerukan di Kali Sambeng ini, untuk tujuan, visi dan misi kedepan disamping kita melestarikan habitat asli di Sungai ini juga membentuk jiwa-jiwa muda agar makin peduli lingkungan,” ujar penggerak pemuda, Basuki didampingi Ketua Karang Taruna Desa Ngepoh, Budi (21/6) di sela aktivitas pembersihan sungai.

Rencananya kali Sambeng ini akan dijadikan wisata pemancingan liar yang pengelolaannya selain ditangani Karang Taruna, juga akan bekerjasama dengan Dinas Perikanan dan Kelautan serta organisasi perangkat daerah lainnya yang terkait. Selain itu, karang taruna juga berencana melalukan sinergitas dengan lintas komunitas seperti WWI, LINKSOS atau Lingkar Sosial, Lawang Rescue, RSLI serta komunitas punk Lawang.

“Kami sebagai perangkat desa Sumber Ngepoh mengucapkan terimakasih kepada adik-adik Karang Taruna, juga teman-teman dari WWI, juga dari komunitas anak punk Kecamatan Lawang, yang sudi menyediakan waktu untuk membersihkan kali,” kata Perangkat Desa Sumber Ngepoh Andik Subiantoro di lokasi gotong royong.

Dulu namanya Kedung Sambeng yang cukup keramat sebenarnya, namun karena pengaruh modernisasi kedungnya sudah nggak ada dan mengalami pendangkalan, terang Andik. Saat ini teman-teman Karang Taruna melakukan pengerukan dan pembersihan sampah-sampah sungai, kami meminta masyarakat Sumber Ngepoh agar tidak membuang sampah di kali.

Terkait rencana pembuatan pemancingan liar di Kali Sambeng, Andik Subiantoro menyatakan perangkat desa akan memberikan dukungan sepenuhnya.

“Silahkan dikoordinasikan, apa-apa yang dibutuhkan, nanti kami fasilitasi,” pungkasnya. (Ken)

Facebook Comments
WhatsApp chat