Sam Wes Inpependen 2014 Kota Malang

Hasta Brata Kepemimpinan Nusantara

1 minute, 49 seconds Read
"Hasta artinya delapan, Brata berarti pengendalian diri. Hasta Brata merupakan delapan sifat pengendalian diri yang wajib dimiliki oleh para pemimpin bangsa."
Wahyu Eko Setiawan/ Sam Wes
Independen 2024 Kota Malang

Mahambeg Mring Suryo

Meniru sifat matahari. Sosok seorang pemimpin harus mampu menampilkan diri sebagai sosok yang memberi sinar inspirasi, memancarkan cahaya kehidupan dalam bermasyarakat dan mampu mendaya kembangkan rakyat yang dipimpinnya untuk kemajuan bangsa dan negara.

Mahambeg Mring Condro

Meniru sifat bulan. Bulan mampu menyinari dalam waktu kegelapan malam, dan sosok pemimpin saat ini harus mampu memberikan semangat, dukungan dan motivasi, baik saat suka maupun duka. Apapun dan bagaimanapun situasi dan kondisinya, pemimpin harus hadir diri di tengah-tengah rakyatnya.

Mahambeg Mring Bhumi

Meniru sifat bumi. Bersifat murah hati, kuat dan sebagai ibu pertiwi. Pemimpin sudah selayaknya memiliki sifat bermurah hati dan melayani rakyatnya. Serta harus memiliki prinsip dan karakter yang kuat untuk menjalankan roda kepemimpinanya, dan tidak boleh mengecewakan kepercayaan rakyatnya.

Mahambeg Mring Samudro

Meniru sifat laut/samudra. Bersifat luas, tenang, tetapi berombak/ terus bekerja. Sudah selayaknya pemimpin mampu memiliki pandangan dan pengetahuan yang luas. Mampu menampung aspirasi rakyatnya serta memberikan solusi dengan kebijaksanaannya, dan selalu tenang dalam menghadapi goncangan.

Mahambeg Mring Kartika

 Meniru sifat bintang. Bersifat memancarkan kemilau di tempat tinggi. Pemimpin sudah sepatutnya mampu memberikan pedoman, pembimbing arah pada kebaikan dan mampu memberikan suri tauladan walaupun pemimpin berada di pucuk manajerial tertinggi.

Mahambeg Mring Angkasa

 Meniru sifat Langit. Luas tak terbatas, hingga mampu menampung apa saja yang datang padanya. Prinsip seorang pemimpin hendaknya mempunyai ketulusan batin dan kemampuan mengendalikan diri dalam menampung pendapat rakyatnya yang bermacam-macam

Mahambeg Mring Dahana

 Meniru sifat Api. Mempunyai kemampuan membakar semua yang bersentuhan dengannya. Seorang pemimpin hendaknya berwibawa dan berani menegakkan kebenaran secara tegas tanpa pandang bulu.

Mahambeg Mring Maruto

 Meniru sifat Angin. Selalu bisa ada dimana-mana tanpa membeda-bedakan tempat, serta selalu bisa mengisi semua ruang yang kosong. Seorang pemimpin hendaknya selalu dekat dengan rakyat, tanpa membeda-bedakan suku, agama, ras, derajat dan martabatnya.

Similar Posts