Harapan Kolaborasi Masif UPT RSBN Malang, MalangGleerrr dan LINKSOS

 

Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur melalui Kepala UPT Rehabilitasi Sosial Bina Netra (RSBN) Malang, Firdaus Sulistijawan mengapresiasi even MalangGleerrr Peduli yang inklusif melibatkan penyandang disabilitas. Ia juga berharap adanya kolaborasi lebih lanjut dengan MalangGleerrr dan LINKSOS untuk pemberdayaan penyandang disabilitas.

Apresiasi senada sebelumnya juga disampaikan oleh Walikota Malang, Sutiaji, serta mantan walikota Malang, periode  2003-2008, dan 2008-2013, Peni Suparto. Kedua tokoh masyarakat ini selaras mengapresiasi even MalangGleerrr Peduli sebagai kegiatan sosial berwawasan kebangsaan yang harapannya bisa menjadi gerakan yang meluas di seluruh nusantara.

Memaknai Hari Kanker Sedunia 2021, MalangGleerrr Peduli mengajak para penyintas kanker sejenak menikmati musik melalui konser virtual. Acara bertempat di Hall Paradiso Hotel Kepanjen, mulai 3 Februari dan dilaksanakan bertahap dalam beberapa sesi hingga 10 Maret 2021 nanti.

Even menggalang dukungan masyarakat luas untuk peduli terhadap berbagai persoalan sosial, sekaligus menggalang donasi bagi penderita kanker, dukungan terhadap kegiatan difabel, korban bencana alam, serta pekerja seni terdampak Covid-19.

Acara bertajuk Belarasa Kemanusiaan dan Gotong Royong Berskala Besar, diadakan oleh MalangGleerrr.com, didukung oleh lintas sektor diantaranya Paradiso, Bank Jatim Malang, PDAM Kota Malang, Exodos dan Arema Media Grup. Serta para pendukung Hypno Creative, Lingkar Sosial Indonesia (LINKSOS) dan kelompok musik 3 Nada and Friends, Distra Band RSBN, serta FMBB.

Pembukaan acara selain menampilkan grup musik, juga beberapa kegiatan diantaranya sambutan Pemerintah, sambutan tokoh masyarakat, live streaming obrolan bersama penyintas kanker, edukasi kanker, juga sharing dari LINKSOS mengulas gerakan kampanye kesetaraan difabel, kegiatan difabel mendaki gunung, serta Posyandu Disabilitas.

Lihat video sharing kegiatan difabel mendaki gunung, Posyandu Disabilitas, dan sambutan apresiasi Kepala UPT RSBN Malang:

 

Sambutan Apresiasi Kepala UPT RSBN Malang

“Atas nama Kepala Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur, kami mengucapkan terimakasih kepada MalangGleerrr yang telah memberikan kesempatan kepada disabilitas netra tampil di acara Belarasa Kemanusiaan melalui kegiatan gotong royong,” sambut Kepala UPT RSBN Malang, Firdaus Sulistijawan (3/2 2021) secara daring dari kediamannya. Lanjutnya, salam juga untuk teman-teman dari LINKSOS, kita sama-sama bergerak di bidang pemberdayaan teman-teman disabilitas.

Lebih rinci Kepala UPT RSBN Malang tersebut menjelaskan bahwa Dinas Sosial Peovinsi Jawa Timur memiliki beberapa unit pelaksana teknis yang memberikan pelayanan rehabilitasi bagi disabilitas, baik disabilitas mental, fisik , rungu wicara atau sensorik yang berbasis residential atau panti.

“Tapi kalau teman-teman dari Lingkar Sosial atau LINKSOS tadi berbasis comunty based dan familiy base, sedangkan kami mengkhususkan diri pada rehabilitasi sosial berbasis residensial,” jelas Firdaus.

Dan teman-teman di unit pelaksana teknis yang tadi kami sebutkan juga mendapatkan pelayanan rehabilitasi pemenuhan kebutuhan dasar dan kegiatan pelatihan vokasional untuk kemandirian mereka setelah mereka mengikuti kegiatan di unit pelaksana teknis kami, imbuhnya.

“Kita berharap kegiatan MalangGleerrr ini yang juga disimak oleh teman-teman kami yang ada di 7 UPT layanan disabilitas, saya mohon ijin links kami sebar di 46 kontak unit pelaksana teknis kami untuk menyaksikan kegiatan ini,” ujarnya semangat.

Firdaus berharap hal ini menginspirasi penyandang disabilitas di seluruh Indonesia bahwa mereka juga memberi kontribusi terhadap persoalan-persoalan kebencanaan alam, kebencanaan sosial, yang terkait dengan covid, dan kegiatan lainnya.

“Kita berharap LINKSOS dan MalangGleerrr tetap berkolaborasi dengan kami Dinas Sosial Jatim melalui RSBN Malang untuk melaksanakan kegiatan-kegiatan sosial yang lebih masif lagi yang mendorong dan memberi inspirasi bagi seluruh warga masyarakat,” pungkasnya. (adm)

Facebook Comments