Harapan Baru Difabel di Pagelaran Pascagempa Malang

Kunjungan Lingkar Sosial Indonesia (LINKSOS) membuahkan kesan baik dan harapan baru bagi difabel terdampak gempa di Kecamatan Pagelaran Kabupaten Malang. Kegiatan bertajuk Bantuan Sosial dan Edukasi Tanggap Bencana bagi Difabel ini selain melibatkan Tim Relawan Kemanusiaan (TRK) Inklusi Omah Difabel, juga Batalyon Bekang-2 Kostrad, PMI Kabupaten Malang, Pemdes Kademangan serta Babinsa dan Bhabinkamtibmas setempat. Sasaran kegiatan sekira 25 orang adalah masyarakat difabel di Kecamatan Pagelaran yang terhimpun dalam komunitas Difa Pagelaran.

“Kegiatan bertujuan memulihkan kondisi psikologis difabel terdampak gempa, memberikan edukasi kebencanaan, juga berbagi sedikit bantuan pangan untuk mendukung pemulihan ekonomi paska bencana,” terang Ketua Pembina Lingkar Sosial Indonesia (LINKSOS), Ken Kerta, didampingi Koordinator Umum TRK Inklusi Omah Difabel, Siswinarsih.

Kami juga siap berkelanjutan, terdapat beberapa program LINKSOS yang bisa diakses kawan-kawan difabel diantaranya Desa Inklusi, Posyandu Disabilitas, Pokja Wirausaha, hingga kegiatan mendaki gunung. Kedepan hal ini akan kami koordinasikan juga dengan Pemerintah Desa Kademangan khususnya, dan Muspika Pagelaran, terang Ken.

“Mewakili teman-teman difabel, khususnya perempuan difabel, kesannya LINKSOS dan semua tim relawan, Kostrad dan PMI sangat luar biasa, adanya kunjungan ini menimbulkan semangat untuk kedepan kami lebih baik lagi,” ujar Badiatun (49) bersemangat, Kamis, 15 April 2021 usai kegiatan.

Lanjutnya, hal-hal yang sudah diberikan, motivasi tentang hak difabel, tentang bagaimana kita harus tanggap mengatasi bencana, dan lain-lain semuanya bermanfaat.

“Harapan kedepan ada ikatan kerjasama biar nggak putus dan mohon bimbingannya apalagi kami selama ini belum memahami bagaimana berhubungan dengan Pemerintah dan lainnya,” pungkas prempuan pengguna satu kruk tersebut.

Senada disampaikan Tukiran (39), mewakili kawan-kawannya yang termotivasi oleh kunjungan tersebut. “Sangat berterimakasih adanya motivasi yang diberikan, sekaligus bercampur kaget, kok banyak yang datang, awalnya saya kira cuman empat orang,” tutur pria dengan disabilitas fisik tersebut. Selama ini kami biasa pertemuan dengan sesama difabel saja, lah ini kok didatangi banyak TNI, juga polisi, dan perangkat desa.

Lingkar Sosial Indonesia (LINKSOS) mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah mendukung:

  1. Kepala Desa Kademangan, Mulyani, beserta seluruh perangkat desa dan masyarakat
  2. Kodim 0818/35 Pagelaran melalui Sertu Yateno, Babinsa Desa Kademangan
  3. Polsek Pagelaran melalui Briptu Novi Yunita, Bhabinkamtibmas Desa Kademangan
  4. Batalyon Bekang Kostrad melalui Letnan Dua Cba Teguh, Danton Angkutan Yonbekang-2/MWJ 2 Kostrad, dan Sersan Kepala Lutfi Ali Zaka, Bati Siter Yonbekang-2/MWJ/2 Kostrad
  5. PMI Kabupaten Malang melalui Wakil Ketua PMI Kecamatan Lawang, Setyo Hardjulun, ST
  6. Jaringan nasional TRK Inklusi, melalui Koordinator Umum TRK Inklusi Omah Difabel, Siswinarsih
  7. Baitul Maal Hidayatullah (BMH) Jatim Gerai Malang, melalui Humas Ruwiyanto
  8. Ketua Komunitas Difa Pagelaran, Sriyono beserta jajaran pengurus dan anggotanya.

(admin)

 

Facebook Comments