Gerakan Sosial Lawang Tanggap Covid-19

Lingkar Sosial Indonesia menyerukan Gerakan Sosial Tanggap Covid-19. Riilnya dengan berdiam diri di rumah dan tidak mengadakan kegiatan yang mengumpulkan massa, atau terjun di garis depan sebagai relawan pemyemprotan disinfektan anti Covid-19.

Khususnya di kecamatan Lawang, Lingkar Sosial Indonesia (Linksos) memulai dengan penyemprotan disinfektan ke sejumlah fasilitas umum, Rabu 25 Maret 2020 lalu di desa Bedali, Kecamataan Lawang, Kabupaten Malang.

Linksos juga melalukan kunjungan ke rumah-rumah difabel guna memberikan sosialisasi langsung terkait penanggulangan Covid-19.  Landasan kegiatan ini, realitas bahwa difabel tidak semudah warga masyarakat lain mengakses informasi pandemi Corona sebab berbagai hambatan mobilitas.

Sementara pemerintah desa Bedali melakukan sosialissi darurat Covid-19 secara mobile dari dusun ke dusun. Kegiatan berlanjut dengan penyemprotan disinfektan anti Covid-19  dari rumah-ke rumah. Kegiatan dilakukan melalui alokasi dana desa. Kegiatan ini didukung penuh Perangkat desa, tokoh masyarakat, organisasi difabel Lingkar Sosial Indonesia, TNI, Karang Taruna, Kader Kesehatan dan warga masyarakat.

Khususnya dari TNI yang telah bergabung dalam kegiatan ini adalah selain Babinsa dan Bhabinkamtibmas setempat juga kesatuan Yonkav dan Kostrad.

Harapannya, kegiatan ini akan memberikan kontribusi pada upaya penanggulangan pandemi Corona. Juga mampu menumbuhkan solidaritas antar warga masyarakat.

Secara sosial penyemprotan disinfektan anti Covid-19 dari rumah ke rumah juga berdampak meredakan ketegangan warga. Dalam kunjungan penyemprotan  dari RW ke RW warga terlihat senang dan nampak ada harapan baru. Kebahagiaan warga nampak dari sajian makanan dan minuman yang melaimpah ruah untuk tim penyemprot disinfektan. (Ken)

Facebook Comments
WhatsApp chat