Forum Malang Inklusi

FOMI Mengawal Kebijakan Inklusif di Malang Raya

1 minute, 34 seconds Read

Forum Malang Inklusi (FOMI) adalah forum untuk mengawal kebijakan inklusif di Malang Raya. Keanggotaan inklusif meliputi organisasi difabel serta organisasi-organisasi penggerak inklusi.   

Visi FOMI adalah menciptakan Malang Raya Ramah Difabel dan inklusif tanpa stigma dan diskriminasi. Misi forum ini memberdayakan masyarakat agar mampu secara mandiri melakukan advokasi terhadap diri sendiri maupun komunitasnya. Sedangkan kegiatannya adalah fokus pada advokasi kebijakan, yaitu memastikan kebijakan Pemerintah berpihak pada difabel.  

Kilas balik terbentuknya FOMI

 

Lingkar Sosial Indonesia (LINKSOS) pada bulan Oktober 2016 membuat gerakan sosial Satu Misi Menuju Malang Raya Ramah Difabel. Latar belakang belakang ini adalah pentingnya lintas organisasi difabel bersatu padu dalam menyelesaikan masalah. Untuk itu LINKSOS mengambil langkah menghubungi tokoh-tokoh penggerak difabel di Malang Raya guna menyamakan persepsi.

 

Melalui bantuan aktivis anti korupsi Sayekti, Pendiri LINKSOS Ken Kerta mendapatkan kontak-kontak para pemimpin organisasi. Orang yang pertama dihubungi adalah Pendiri LBH Disabilitas, Hari Kurniawan. Ditemui di sekretariat Serikat Buruh, advokat difabel ini sangat mendukung.

 

Dilanjutkan kemudian pertemuan dengan Ketua HWDI Malang Siswinarsih, dan Ketua Gerkatin Malang, Sumiati, serta Ketua Lawang Rescue, Cussy serta beberapa anggota dari masing-masing komunitas. Pertemuan diadakan pada tanggal 4 September 2016 di Agrowisata Petik Madu. Hasil pertemuan, sepakat membuat pertemuan lintas organisasi 11 hari kemudian di tempat yang sama.

 

Tepat 15 September 2016, beberapa organisasi berkumpul membahas berbagai persoalan. Titik temunya adalah perlunya dibentuk sebuah wadah bersama untuk advokasi kebijakan. Hari Kurniawan alias Cak Wawa mengusulkan nama Forum Malang Inklusi. Seluruh peserta sepakat, kemudian untuk pertama kalinya Forum menyepakati Ken Kerta sebagai Koordinator. Kesepakan atas dasar Ken sebagai inisitor pertemuan.

 

Lintas organisasi yang menghadiri pertemuan tersebut adalah LINKSOS, LBH Disabilitas, HWDI Malang, Gerkatin Malang, Akar Tuli, Shining Tuli Kota Batu, IPC Jombang, Lawang Rescue, Komunitas Rumah Sahabat, serta Koperasi Satu Jiwa. Akan tetapi, dalam perjalanannya tidak semua anggota pendiri aktif berkegiatan.  

Organ kepengurusan

Organ kepengurusan Forum Malang Inklusi (FOMI) meliputi Badan Pembina, Pengurus Harian, dan Anggota.  Susunan Pengurus FOMI lihat disini.  

 

Similar Posts