Foreman Circle PT Yamaha Motor Electronics Indonesia Bantu Edukasi Tanggap Bencana bagi Difabel di Malang

Suasana edukasi tanggap bencana bagi difabel di Malang, Senin 24 Mei 2021
Foreman Circle PT Yamaha Motor Electronics Indonesia membantu Lingkar Sosial Indonesia (LINKSOS) mengadakan edukasi tanggap bencana bagi difabel di Kabupaten Malang. Kali ini sosialisasi mitigasi bencana inklusif tersebut digelar di Yayasan Panti Karya Asih Lawang, Senin 24 Mei 2021. Sekira 70 peserta meliputi penyandang disabilitas warga panti dan Kader Posyandu Disabilitas nampak terlibat aktif dalam kegiatan tersebut.

Dukungan organisasi resmi para foreman dan supervisor Yamaha tersebut menambah panjang daftar mitra dan jaringan organisasi difabel ini dalam program mitigasi bencana di Indonesia. Seperti diinformasikan sebelumnya, program mitigasi bencana LINKSOS selain bekerjasama dengan BPBD Kabupaten Malang, dan PMI Kabupaten Malang, juga didukung oleh Jaringan Nasional Tim Relawan Kemanusiaan (TRK) Inklusi.

LINKSOS mengambil inisiatif untuk fokus di bidang edukasi tanggap bencana. Inisiatif ini diambil sejak terjadinya gempa berkekuatan magnitudo 6,7 di Kabupaten Malang, Sabtu 10 April 2021 lalu.

 

Pemateri dari Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Malang sedang memberikan edukasi tanggap bencana
Sosialisasi tanggap bencana ini sangat penting mengingat seluruh wilayah Indonesia termasuk Malang rawan dengan berbagai macam bencana, sementara edukasi kebencanaan belum banyak diberikan baik oleh Pemerintah, swasta, maupun kelompok sipil. Khususnya bagi kelompok difabel, warga rentan ini rawan menjadi korban sebab berbagai hambatan mobilitas.

Rencana tindak lanjutnya, LINKSOS akan melakukan kegiatan edukasi tanggap bencana, melalui kunjungan-kunjungan komunitas. Sasaran kunjungan tak hanya komunitas difabel atau panti rehabilitasi penyandang disabilitas, juga kelompok lansia, kelompok tani, serta kampus, sekolah-sekolah dan lintas sektor lainnya. (admin)

 

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *