Dedkamas Himasigi Fisip UB-LINKSOS Salurkan Bansos untuk Warga Terdampak Pademi di Kota Malang

Himpunan Mahasiswa Sosiologi (Himasigi) Falkultas Ilmu Sosial dan Ilmu politik (Fisip) Universitas Brawijaya (UB) melalui program Dedikasi kepada Masyarakat (Dedkamas) bekerjasama dengan Lingkar Sosial Indonesia (LINKSOS) menyalurkan paket sembako bagi warga kurang mampu dan disabilitas terdampak Covid-19 di Kota Malang. Bantuan diserahkan secara simbolik di Sekretariat Bersama Sekolah Budaya Tunggulwulung (SBT), Jl. Sasando Nomor 9, Tunggulwulung, Lowokwaru, Kota Malang.

“Harapannya bantuan paket sembako ini selain bermanfaat bagi masyarakat juga sebagai sarana perkenalan kawan-kawan Fisip UB khususnya dengan LINKSOS,” tutur Pembina Lingkar Sosial, Ken Kerta dalam sambutannya (20/9) di balai pertemuan Sekolah Budaya Tunggulwulung.

Ada banyak kegiatan LINKSOS yang bisa didukung oleh mahasiswa sekaligus sebagai wadah menyalurkan bakat, minat dan kemampuan, lanjut Ken sapaan akrabnya.

Beberapa program kegiatan terbaru kami, yang pertama adalah pengembangan desa inklusi, yaitu tata kelola desa yang mengakomodir hak dan kepentingan seluruh warga, termasuk penyandang disabilitas.

Yang kedua adalah Posyandu Disabilitas, adalah inovasi layanan kesehatan khusus bagi difabel di tingkat desa. Nilai inovatif dari posyandu disabilitas ini adalah mendekatkan layanan yang sebelumnya hanya ada di rumah sakit dan berbayar, seperti fisio terapi, terapi wicara, konseling, dan parenting, kini hadir di level desa dan gratis. Serta inovasi lainnya.

Ketiga adalah Pokja Pemuda, yaitu divisi kepemudaan yang menfasilitasi pengembangan bakat dan minat pemuda difabel, diantaraya di bidang olahraga melalui kegiatan susur sungai dan air terjun, penjelajahan bukit dan mendaki gunung.  (admin)

Facebook Comments
WhatsApp chat