Dari BMH Malang Paket Sembako untuk Difabel Terdampak Gempa

Baitul Maal Hidayatullah (BMH) Jatim Gerai Malang membantu difabel terdampak gempa bumi di Malang. Bantuan sejumlah 40 paket sembako disampaikan melalui Posko Tim Relawan Kemanusiaan TRK Inklusi Omah Difabel, Senin 12 April 2021.

“Dukungan jelang Ramadhan bagi difabel dan lansia, sekaligus bentuk dukungan kami terhadap para korban gempa bumi di Malang,” ujar Humas BMH, Ruwiyanto.

Lingkar Sosial Indonesia (LINKSOS) mencatat, di Kabupaten Malang terdapat 16.008 jiwa penyandang disabilitas (data Dinas Sosial Kab. Malang) yang rentan menjadi korban bencana alam. Mereka tersebar di 33 Kecamatan. Selain sarana prasarana yang belum akses difabel juga mereka hampir semuanya belum pernah mendapatkan pelatihan menghadapi bencana alam. Juga dalam kepanikan difabel kerap kali ditinggalkan.

Realitas ini merupakan potret kerentanan difabel di daerah lainnya, sehingga menggerakkan lintas organisasi difabel nasional membentuk Tim Relawan Kemanusiaan (TRK) Inklusi yang diantaranya untuk merespon gempa bumi berkekuatan 6,7 di Malang belum lama.

TRK Inklusi Omah Difabel, berpusat di Sekretariat Lingkar Sosial Indonesia (LINKSOS), Jl Yos Sudarso RT 4 RW 7 Desa Bedali, Kecamatan Lawang, Kabupaten Malang.

TRK Inklusi Omah Difabel selain melalukan assesment cepat keberadaan difabel sebagai kelompok rentan dan korban, juga bergerak dalam empat aspek kebencanaan, yaitu emergency respon/ tanggap darurat, pemulihan, rehabilitasi dan rekonstruksi, serta pembangunan. Dalam proses ini difabel dan kelompok rentan lainnya dilibatkan dan berpartisipasi dalam pra maupun pasca kebencanaan.

Peran dan fungsi TRK Inklusi Omah Difabel selain sebagai wadah koordinasi dan penyaluran bantuan, juga penghubung korban dengan sektor Pemerintah terkait dan Lembaga Sosial yang akan membantu.

Bagi penyandang disabilitas korban bencana alam yang memerlukan bantuan, bisa menghubungi TRK Inklusi Omah Difabel di WA 085764639993 (Ken Kerta), 08175400669 (Siswinarsih), dan kontak lokal Lumajang 08175175154 (Hari Kurniawan/Wawa)

Facebook Comments