CAN Borneo Membantu Difabel Terdampak Gempa di Malang

Lingkar Sosial Indonesia (LINKSOS) kembali melakukan bantuan sosial dan edukasi tanggap bencana di Malang. Selain dibantu PMI Kabupaten Malang kali ini kegiatan didukung oleh Conservation Action Network (CAN) Borneo. Mereka menyalurkan bantuan bahan pangan untuk 33 keluarga difabel di lokasi gempa Malang, Sabtu, 24 April 2021 tepatnya di Desa Majangtengah, Kecamatan Dampit.

Kerusakan rumah, trauma dan sisa ketakutan yang mereka alami, membuat sebagian mereka memilih tidak bekerja sementara agar fokus dalam pemulihan pasca bencana. Sehingga bantuan bahan pangan dan edukasi tanggap bencana ini sangat penting.

Tim berangkat dari Posko Tim Relawan Kemanusiaan (TRK) Omah Difabel pukul 08.00 dengan kendaraan bantuan Singghasari Rentcar, dan tiba di lokasi sekira dua jam kemudian.

Para relawan yang terdiri dari beberapa difabel, termasuk orang yang pernah mengalami kusta, dan Kader Posyandu Disabilitas  selain menyalurkan bantuan, mereka juga melakukan assesmen untuk mengetahui kondisi lebih lanjut difabel terdampak gempa.

Tindak lanjut kedepan, LINKSOS akan berkunjung ke lintas komunitas difabel dan kelompok rentan lainnya guna memberikan edukasi tanggap bencana. Harapannya kegiatan ini akan menjadi inisiatif bagi Pemerintah melalui kementerian/lembaga terkait untuk melakukan hal serupa. (adm)

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *