Pers Rilis: Komitmen Bersama Kecamatan Nguling Inklusif Peduli Kusta

KAB. PASURUAN- Lingkar Sosial Indonesia (LINKSOS) bekerjasama dengan lintas stake holder mencanangkan Komitmen Bersama Nguling Inklusif Peduli Kusta, Kamis 27 Agustus 2020 di Pendhopo Kecamatan Nguling, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur. Komitmen berisikan 5 pasal yang intinya bertujuan melibatkan peran aktif penyandang disabilitas khususnya orang yang pernah mengalami kusta (OYPMK) dalam proses pembangunan.

Lintas stake holder yang hadir dan mendukung komitmen tersebut,  adalah Muspika Nguling, Dinas Kesehatan Kabupaten Pasuruan, Puskesmas Nguling, Kepala Desa se-Kecamatan Nguling, Tim Pengerak PKK , Bidan Desa/Perawat Desa, MUI, MWC, Muslimat, Fatayat, BMH, TKSK, Pendamping Desa, Perwakilan OYPMK, Kader Kusta, serta Kader Kelompok Perawatan Diri (KPD).

Harapan dari adanya komitmen bersama yang terselenggara berkat dukungan NLR ini untuk menjadikan Kecamatan Nguling nol kusta, sesuai program Puskesmas Nguling, Bengkura Mas atau Bebaskan Nguling dari Kusta, Mandiri Bersama Masyarakat. Selain itu juga menciptakan situasi pembangunan yang inklusif atau terbuka bagi partisipasi aktif semua pihak, termasuk penyandang disabilitas dan orang yang pernah mengalami kusta.

Adapun isi Komitmen Bersama Kecamatan Nguling Inklusif Peduli Kusta adalah:

  1. Menjamin kesetaraan akses bagi penyandang disabilitas pada umumnya, dan orang yang pernah mengalami kusta (OYPMK) khususnya pada layanan umum di Kecamatan Nguling dan mewujudkan keberadaan sarana fisik yang lebih aksesibel dibidang pendidikan, kesehatan, peribadatan serta bidang-bidang lainnya.
  2. Adanya data dan informasi aset desa/ kelurahan yang komprehensif dan terupdate, termasuk data penyandang disabilitas dan OYPMK.
  3. Menjamin keterlibatan penyandang disabilitas dan OYPMK dalam proses pembangunan meliputi perencanaan, alokasi anggaran, realisasi dan evaluasi melalui musyawarah- musyawarah desa/ kelurahan
  4. Adanya Kelompok Difabel Desa sebagai wadah interaksi dan apresiasi penyandang disabilitas dan OYPMK
  5. Adanya pemberdayaan penyandang disabilitas khususnya OYPMK, pendidikan dan penyadaran masyarakat tentang disabilitas secara berkelanjutan serta pembinaan kader-kader desa berwawasan inklusif disabilitas, mengacu pada Program Bengkura Mas, Bebaskan Nguling dari Kusta Mandiri Bersama Masyarakat

Pers rilis dibuat oleh Yayasan Lingkar Sosial Indonesia, Jumat, 28 Agustus 2020 di Omah Difabel, Jl. Yos Sudarso RT 4 RW 7 Desa Bedali, Kec. Lawang Kab. Lawang.

Informasi lebih lanjut, wawancara, foto dan video, hubungi;

  1. Ketua Pembina Lingkar Sosial, Kertaning Tyas, WA 085764639993
  2. Penanggungjawab Program Kusta Puskesmas Nguling, Eriyanti, WA 082141700274

 

Facebook Comments
WhatsApp chat