Lingkar Sosial Kunjungi Lomba Catur di Panti Karya Asih

KAB. MALANG, LINKSOS- Panti Karya Asih Lawang mengadakan lomba catur untuk membangun semangat dan kualitas hidup warganya yang lebih baik, Sabtu 29 Agustus 2020. Menurut Kepala Panti Karya Asih, Christina Andriani kegiatan catur termasuk salah satu aktivitas bebas mingguan, tepatnya setiap Jumat dan Sabtu, bedanya kali ini mengundang komunitas difabel Lingkar Sosial.

“Tujuan utamanya untuk mensinergikan apa yang setiap hari kami pelajari disini dengan masyarakat, agar warga panti paham bahwa lingkungan bukan hanya ada dalam panti, sebab mereka kelak juga harus kembali ke masyarakat,” tutur Christina.

Prinsip dari panti ini adalah half housing, jadi antara RSJ atau rumah sakit jiwa dengan keluarga, , terang Christina lebih lanjut. Kalau RSJ itu full pengobatan, namun yang kurang adalah suasana rumahnya dan ini yang menyediakan kami. Bahkan ada yang dari RSJ sudah memperbolehkan pulang tapi pihak keluarga yang belum siap, maka solusinya adalah panti.

Christina berharap adanya kegiatan semacam ini bisa membuat warga panti lebih nyaman dan bisa menganggap panti sebagai rumah kedua.

“Utamanya bagi mereka yang belum bisa pulang ke rumah, jadi suasananya nggak kayak rumah sakit,” imbuh Christina.

Sedangkan untuk lomba catur dan kegiatan bebas lainnya seperti dakon, catur, pingpong dan karaoke dapat menjadi sarana pengembangan bakat dan minat mereka.

“Ini merupakan salah satu bentuk kami menfasilitasi pengembangan bakat dan minat warga panti Karya Asih,” pungkasnya. (Ken)

Lihat video di Youtube:

 

Facebook Comments
WhatsApp chat