Pelatihan Kader Posyandu Disabilitas di Desa Pakisaji

Forum Desa Inklusi Pakisaji menyelenggarakan pelatihan bagi Kader Posyandu Disabilitas, Senin, 11 Januari 2021. Pelatihan bertujuan untuk membuka wawasan Kader terhadap pengertian, fungsi dan teknis pelaksanaan Posyandu Disabilitas, serta pengetahuan lainnya terkait disabilitas.

Materi disampaikan oleh Ketua Pembina Lingkar Sosial Indonesia (LINKSOS), Kertaning Tyas (Ken Kerta) tentang Teknis Pelaksanaan Posyandu Disabilitas, dan Etika Berinteraksi dengan Penyandang Disabilitas.

Pelatihan ini untuk pertama kalinya dilakukan sejak didirikannya Posyandu Disabilitas Desa Pakisaji, Selasa, 15 Desember 2020 lalu.

Posyandu Disabilitas merupakan inovasi layanan kesehatan di tingkat desa berdasarkan kebutuhan ragam disabilitas.

Konsep posyandu ini mengembangkan posyandu yang sudah ada sebelumnya yaitu posyandu balita. Perbedaannya adalah tambahan layanan, berupa terapi berdasarkan ragam disabilitas, dan kegiatan pelatihan wirausaha.

Kegiatan terapi misalnya fisio terapi, terapi wicara, konseling, dan parenting.

 

Sekilas tentang riwayat Posyandu Disabilitas

Untuk pertama kalinya di Indonesia, Posyandu Disabilitas didirikan di Desa Bedali, Kecamatan Lawang, Kabupaten Malang, tepatnya 22 November 2019 melalui Musyawarah Masyarakat Desa (MMD). Rapat digelar oleh Pemerintah Desa Bedali bekerjasama dengan Lingkar Sosial Indonesia.

MMD dihadiri oleh elemen desa, yaitu BPD, PKK, dan Karang Taruna, serta lintas sektor terkait yaitu Puskesmas Lawang, RSJ Dr. Radjiman Wediodiningrat Lawang, serta BMH Malang.

Posyandu Disabilitas merupakan salah satu produk Desa Inklusi. Khususnya di Kabupaten Malang, program desa Inklusi diinisiasi oleh Lingkar Sosial Indonesia sejak tahun 2019 melalui proyek Pembangunan Inklusif Disabilitas yang didukung oleh NLR atau until No Leprosy Remains, dan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Informasi lebih lanjut tentang pelatihan Kader Posyandu Disabilitas Desa Pakisaji, hubungi:

  1. Ketua Forum Desa Inklusi Pakisaji, Siswinarsih, WA 0817-5400-669
  2. Ketua Pembina LINKSOS, Kertaning Tyas, WA 0857-6463-9993
Facebook Comments