LINKSOS Merespon Positif Jurnalisme Warga

 

Jurnalisme Warga merupakan kegiatan jurnalistik  yang dilakukan oleh orang bukan wartawan. Aktivitas ini menjadi makin marak seiring trend penggunaan media sosial. Lingkar Sosial Indonesia (LINKSOS) merespon positif trend Jurnalisme Warga dengan menyediakan ruang penulisan di www.lingkarsosial.org

Sebelum menulis di lingkarsosial.org terdapat tiga hal penting sebagai prasyarat:

  1. Mengenal Lingkar Sosial Indonesia dan kegiatannya
  2. Memahami standar konten lingkarsosial.org
  3. Mendaftar

Yang pertama, LINKSOS merupakan organisasi sosial yang bertujuan membantu masyarakat marginal dan yang mengalami disfungsi sosial, termasuk didalamnya menangani isu penyandang disabilitas (difabel). Secara umum LINKSOS bekerja di bidang sosial, kemanusiaan dan lingkungan hidup.

Yang kedua, standar konten lingkarsosial.org harus sesuai dengan tujuan organisasi LINKSOS dan ruang lingkup kerjanya. Terlebih Lingkar Sosial bukanlah media online konvensional (pada umumnya) melainkan media komunitas yang bertujuan menyebarluaskan informasi kegiatan organisasi dan media penyadaran masyarakat. Ringkasnya, konten yang bisa dimuat di LINKSOS mengandung kelengkapan Advokatif, Solusif, Informatif dan berbasis Data (ASIDA). Penjelasanya:

  • Advokatif, memuat upaya-upaya perubahan baik
  • Solusif, memuat petunjuk atau skema bantuan atas persoalan/ isu yang diangkat
  • Informatif, memuat informasi yang bermanfaat bagi publik
  • Berbasis Data, memuat data-data yang valid dan terklarifikasi.

Yang ketiga, mendaftar. Silahkan isi formulir dibawah ini:

Facebook Comments
WhatsApp chat