Award Kawan Ruki 2022 untuk Komunitas Berdampak

2 minutes, 2 seconds Read

Bertepatan dengan Hari Disabilitas Internasional (HDI) 2022, Meta Platforms, Inc (Meta) memberikan award Kawan Ruki (Kelompok Pembawa Perubahan bersama Ruang Komunal Indonesia) kepada para komunitas berdampak di antaranya Lingkar Sosial Indonesia (LINKSOS).

 

Award juga diterima oleh enam komunitas berdampak lainnya di Indonesia. LINKSOS dalam proses seleksi komunitas mengangkat isu disabilitas, advokasi kusta dan kesehatan jiwa. Bentuk apresiasi yang diterima oleh pemenang KAWAN RUKI adalah berupa pembinaan dari masing-masing juri berdasarkan keahliannya serta pengembangan model bisnis komunitas.

 

 

Proses seleksi

Meta memberikan apresiasi kepada tujuh komunitas terpilih yang tumbuh dan berkembang di atas platform mereka. Apresiasi diberikan atas upaya mereka memberikan dampak kepada lebih banyak orang. Komunitas-komunitas terpilih juga akan diberikan pendampingan dan pelatihan agar mereka dapat membentuk program-program yang berdampak dan berkelanjutan.

 

Sejak diluncurkan pada Agustus 2022 lalu, Meta telah menerima pendaftaran lebih dari 100 komunitas. Mereka berasal dari berbagai provinsi dari Aceh hingga Nusa Tenggara Timur. Meta menyeleksi seluruh aplikasi dari komunitas yang mendaftar untuk ikut dalam program ini. Seluruh komunitas kemudian akan melalui tahap wawancara hingga terpilih 21 komunitas, untuk sebelumnya diseleksi kembali menjadi tujuh komunitas terpilih.

 

 

Dessy Septiane Sukendar, Manajer Program Kebijakan, Meta di Indonesia mengatakan, Meta memiliki misi untuk memampukan orang-orang di Indonesia untuk tetap terhubung dengan beragam hal yang bermakna, yang dapat membuka peluang-peluang baru agar maju dalam kehidupannya.

 

“Program KAWAN RUKI akan menjadi salah satu sarana bagi komunitas-komunitas untuk dapat melanjutkan program-programnya dan terus memberikan inspirasi serta membawa dampak yang lebih besar kepada lebih banyak orang di Indonesia,” ujar Dessy dalam siaran persnya baru-baru ini.

Baca juga  Mempersiapkan Pramuka Disabilitas

 

 

 

Tujuh komunitas penerima award

Ketujuh komunitas penerima apresiasi ini ditentukan oleh tujuh perwakilan dari tujuh organisasi berbeda dengan ragam bidang dan isu sosial bidang-bidang tertentu. Mereka adalah:

  1. Rumah Bahari Gemilang (Rubalang), Palu, Sulawesi Tengah untuk bidang Lingkungan.
  2. Komunitas Muslimah Swimming Squad, Surabaya, Jawa Timur untuk bidang Perempuan, Orang Tua dan Anak
  3. Komunitas Sentra Kreatif Lestari Siak (Skelas), Siak, Riau untuk bidang Teknologi & Literasi Digital.
  4. Rumah Kreatif Sahabat Nusantara, Ende Nusa Tenggara Timur untuk bidang Pendidikan
  5. Komunitas Well-Being Shelter, Nangroe Aceh Darussalam untuk bidang Kesehatan fisik dan mental
  6. Lingkar Sosial Indonesia (LINKSOS), Malang, Jawa Timur untuk bidang Disabilitas
  7. Konunitas Pustaka Pinggir Kali (Pupinka), Sumbawa, Nusa Tenggara Barat untuk bidang Kemanusiaan (termasuk didalamnya Kepemudaan dan Sosial).

 

Sedangkan tujuh tim penilainya/juri adalah Indorelawan, ICT Watch, Ibu Profesional, Lingkar Temu Kabupaten Lestari, Dokter Tanpa Stigma, Silang, and Sekolah Cikal. NusantaRun juga turut membantu memberikan pembinaan tentang model bisnis.

 

(admin)

 

 

 

Similar Posts