Bahasa Isyarat Indonesia

Pramuka Belajar Bahasa Isyarat Indonesia

1
0 minutes, 55 seconds Read

Lingkar Sosial Indonesia (LINKSOS) menggelar workshop Sosialisasi Bahasa Isyarat Indonesia (Bisindo). Para peserta dari kalangan Pramuka, organisasi penyandang disabilitas, organisasi kepemudaan serta Sekolah Luar Biasa.  Workhsop digelar pada Minggu, 16 Juli 2023 di MCC Kota Malang. 

 

Kegiatan workshop Bisindo ini didukung oleh Indika Foundation, sebuah yayasan yang memiliki fokus pada isu kepemudaan dan perdamaian dunia. Bentuk kerjsama kedua lembaga tersebut melalui program Gerak Pasti atau Gerakan Pramuka untuk sinergitas pemuda, perdamaian dan Indonesia Inklusi.

 

“Bahasa isyarat Indonesia atau Bisindo adalah bagian dari bahasa-bahasa di dunia,”ujar Ketua Harian LINKSOS Widi Sugiarti. Bisindo juga merupakan bagian dari keragaman Indonesia dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika. Untuk itu pelatihan ini menyasar para Pramuka dan anak-anak muda lainnya agar mereka mampu menjadi agen sosialisasi Bahasa Isyarat Indonesia,

 

Hal senada disampaikan pelatih Bisindo dari Gerkatin Kota Malang, Sumiati. “Belajar bahasa isyarat Indonesia sangat penting agar setiap orang bisa komunikasi, tanpa terkecuali kelompok Tuli.”

 

“Muara dari pelatihan ini adalah bagaimana anak-anak muda memahami bahasa isyarat sebagai bagian dari keragaman,” ujar Advisor Kebijakan Publik LINKSOS, Fira Fitri Fitria. Pengakuan atas keragaman adalaah elemen penting dari upaya menciptakan perdamaian dunia.

(admin)

Similar Posts

Comments

  1. Kolaborasi di MCC Kota Malang dan Manfaatnya - LINKSOS says:

    […] Proyek pemberdayaan di tahun 2023 diantaranya di bidang kepramukaan. Proyek tersebut didukung oleh Indika Foundation, sebuah yayasan yang memiliki perhatian di bidang kepemudaan dan perdamaian dunia. Beberapa workshop dari proyek tersebut dilaksanakan di MCC diantaranya pelatihan disability inclusive development bagi pemuda penggerak inklusi, serta pelatihan bahasa isyarat.  […]

Comments are closed.