LINKSOS Membuka Sekolah Kader Inklusi-1

Organisasi difabel penggerak inklusi Lingkar Sosial Indonesia (LINKSOS) menyelenggarakan Sekolah Kader untuk meningkatkan kapasitas dan kapabilitas anggotanya. Khususnya dalam angkatan pertama ini khusus menyasar pada internal pengurus, yaitu Divisi Pelaksana dan Kader Posyandu Disabilitas. Dampak yang ingin dicapai dari pelatihan ini adalah terbentuknya karakter pengurus dan relawan LINKSOS yang sadar, tanggap, terampil dan tangguh dalam menjalankan tugas dan kewajibannya.

Sadar bahwa bergabung di LINKSOS berarti siap mendedikasikan seluruh potensi diri, meluangkan waktu dan berkonsentrasi untuk pengembangan diri, organisasi, dan lingkungan. Tanggap berarti inisiatif melahirkan solusi, menawarkan bantuan kepada tim maupun orang lain, setia kawan, serta fleksibel terhadap situasi dan kondisi. Tanggap merupakan wujud tanggungjawab sosial terhadap diri dan lingkungan.

Terampil dalam menyelesaikan tugas dan kewajiban, berpikir positif, mampu bekerjasama dan berkomunikasi dalam tim, menghargai kemampuan orang lain dan membangun potensi tim. Tangguh merupakan perpaduan kesadaran, tanggungjawab, keterampilan berorganisasi.

Materi apa saja dalam Sekolah Kader Inklusi?

Saat ini terdapat dua jenjang pembelajaran, yaitu Materi Dasar  dan Materi Lanjutan Materi Dasar terdiri dari:

  1. Prinsip Dasar Organisasi Sosial
  2. Mengenal Disabilitas dan Inklusi
  3. Etika Berinteraksi dengan Penyandang Disabilitas
  4. Praktik Dasar Bahasa Isyarat
  5. Pelayanan dan Pendampingan Difabel dalam Posyandu Disabilitas
  6. Mengenal Penjelajahan Alam

Sedangkan Materi Lanjutan meliputi:

  1. Pengetahuan Dasar Kusta
  2. Deteksi Dini Gangguan Jiwa
  3. Menulis Cerita Perubahan
  4. Loby dan Advokasi
  5. Seni Mengelola Organisasi
  6. Edukasi Tanggap Bencana
  7. Pengawasan Partisipatif Pemilu

Baik materi dasar maupun lanjutan akan terus berkembang atau mengalami perubahan sesuai kebutuhan organisasi, lingkungan dan masyarakat. Oleh sebab itu sesungguhnya hakikat belajar itu seumur hidup.

Wajibkah Mengikuti Sekolah Kader Inklusif?

Bekal utama berorganisasi di LINKSOS adalah pengetahuan, kerja dan keberlanjutan. Hubungannya, tidak ada keberlanjutan tanpa kerja, tak ada kerja tanpa pengetahuan, dan tak ada pengetahuan tanpa belajar. Maka belajar Sekolah Kader Inklusif wajib bagi mereka yang berdedikasi.

Apa persyaratan mengikuti Sekolah Kader Inklusi-1?

  1. Siap mengikuti rangkaian pelatihan Materi Dasar hingga selesai. Penting dipahami bahwa 85 persen materi diklat adalah praktek kegiatan lapangan/ belajar kancah
  2. Menyelesaikan ketentuan administrasi

Kapan dan berapa lama Sekolah Kader Inklusi diselenggarakan? 

Pelatihan dimulai tanggal 20 Mei 2021, dengan rincian 1 materi satu kali pertemuan, dan pertemuan pembelajaran dilaksanakan seminggu sekali. Pusat kegiatan sekolah ini di OMAH DIFABEL, Jl Yos Sudarso RT 4 RT 7 Desa Bedali, Kec. Lawang, Kab. Malang.

Informasi lebih lanjut kontak Sekjen LINKSOS, Widi Sugiarti, WA 0858 9570 9375

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *