Dante Rigmalia, Anggota Kehormatan Difpala
Penetapan Dante Rigmalia (Ketua KND RI) sebagai Anggota Kehormatan Difabel Pecinta Alam, 19 Maret 2023 di Putuk Lesung Gunung Arjuno

Dante Rigmalia, Anggota Kehormatan Difpala

1 minute, 58 seconds Read
Listen to this article
Lingkar Sosial Indonesia (LINKSOS) mengukuhkan Dante Rigmalia sebagai Anggota Kehormatan Difabel Pecinta Alam (Difpala). Dante Rigmalia adalah Ketua Komisi Nasional Disabilitas (KND) masa bakti 2021-2026.
Ken Kerta
Ken Kerta
Founder Lingkar Sosial Indonesia | Pembina Difabel Pecinta Alam

Lingkar Sosial Indonesia (LINKSOS)1 bekerjasama dengan Komisi Nasional Disabilitas (KND) RI2 menggelar Jambore Nasional Difabel Pecinta Alam (Difpala) 2023. Dalam jambore tersebut, Difabel Pecinta Alam mengagendakan pendakian enam gunung selama tahun 2023.

KND juga terlibat langsung dalam agenda pendakian tersebut. Salah satu pendakian yang diikuti adalah di Gunung Arjuno, tepatnya di petilasan Putuk Lesung pada ketinggian puncak sekitar 1.740 mdpl.

putuk lesung gunung arjuno

Apa itu Difpala?

Difabel Pecinta Alam atau Difpala adalah kelompok pemberdayaan penyandang disabilitas di bidang pelestarian alam dan lingkungan. Kelompok ini dalam naungan Yayasan Lingkar Sosial Indonesia (LINKSOS), organisasi difabel penggerak inklusi di Jawa Timur, Indonesia.

Dengan demikian, keanggotaan Difpala inklusif meliputi penyandang disabilitas dari seluruh ragam termasuk orang yang mengalami kusta, serta masyarakat luas. Salah satu tujuan Difpala adalah meningkatkan peran aktif penyandang disabilitas dalam kegiatan pelestarian alam dan lingkungan

Dok Fofo Jambore Nasional Difpala 2023 dan MoU KND-LINKSOS di Putuk Lesung Gunung Arjuno (1)

Mengenal KND

Komisi Nasional Disabilitas (KND), lembaga independen non struktural yang bertanggung jawab langsung kepada Presiden, berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 68 Tahun 2020.

KND dibentuk untuk memastikan dan memantau implementasi penghormatan, perlindungan dan pemenuhan hak-hak penyandang disabilitas.

Pengukuhan Dante Rigmalia sebagai Anggota Kehormatan Difpala

Tujuan dan kegiatan Jambore Nasional Difpala 2023

Jambore Nasional Difpala 2023 memiliki tiga tujuan. Pertama, meningkatkan peran aktif penyandang disabilitas dalam kegiatan pelestarian alam dan lingkungan. kedua, meningkatkan kepercayaan diri, pengetahuan dan keterampilan serta ketangguhan penyandang disabilitas. Ketiga, membangun ekosistem sosial dan lingkungan hidup yang inklusif.

Maka, untuk mencapai tujuan tersebut, jambore memiliki beberapa kegiatan diantaranya penjelajahan 6 gunung, penghijauan dan pungut sampah, serta edukasi tentang kusta dan bahasa isyarat Indonesia.

Dalam kegiatan Jambore Nasional Difpala 2023 tersebut, KND dan LINKSOS menandatangani nota kesepahaman tentang advokasi dan edukasi masyarakat terkait pemenuhan hak-hak penyandang disabilitas.

MoU LINKSOS KND RI

Pengukuhan Dante Rigmalia sebagai Anggota Kehormatan Difpala

Dalam kesempatan Jambore Nasional Difpala 2023 itu, Lingkar Sosial Indonesia (LINKSOS) mengukuhkan Dante Rigmalia sebagai Anggota Kehormatan Difabel Pecinta Alam (Difpala), 19 Maret 2023.

Anggota Kehormatan merupakan seseorang yang ditetapkan oleh pengurus dengan pertimbangan telah berjasa atau berperan serta untuk mencapai tujuan Difpala.

Pengukuhan Dante Rigmalia sebagai Anggota Kehormatan Difpala, melalui upacara pengukuhan sekaligus upacara penutupan Jambore Nasional Difpala 2023. Semangat prosesi tersebut harmoni dengan sejuknya udara bersih di Putuk Lesung Gunung Arjuno, sebagai semangat dan kekuatan baru mencapai misi dan visi Indonesia inklusif.

  1. Pusat Pemberdayaan Disabilitas di Jawa Timur https://lingkarsosial.org/ []
  2. Apa Itu Komisi Nasional Disabilitas ? https://nasional.kompas.com/read/2022/12/06/01330021/apa-itu-komisi-nasional-disabilitas- []

Similar Posts

Skip to content