Bahasa | English

"Membangun Indonesia Inklusi Dimulai dari Desa"

Lingkar Sosial Indonesia (LINKSOS)  adalah Pusat Pemberdayaan Disabilitas di Malang, Jawa Timur untuk wilayah kerja di seluruh Indonesia. LINKSOS bertujuan mewujudkan penghormatan, pelindungan dan penghormatan hak-hak penyandang disabilitas. Saat ini LINKSOS bekerja di Kabupaten Malang, Kota Malang, Kota Batu, Kabupaten Pasuruan, dan Kabupaten Tuban.

Wilayah dan Dampak

0
Kota/ Kabupaten
0
Posyandu Disabilitas
0
Desa/ Kelurahan
0
Forum Lintas Sektor
0
Warga Dampingan

Tentang Kami

program kerja 2024-2026

Visi

Visi LINKSOS sebagai pusat pemberdayaan penyandang disabilitas yang menjangkau seluruh wilayah di Indonesia. 

tekad Difpala

Misi

Setiap kegiatan LINKSOS mengemban 3 (tiga) misi utama yaitu advokasi, pemberdayaan masyarakat dan sinergitas lintas sektor.

FIK BATU

Bidang

LINKSOS bekerja di bidang sosial dan kemanusiaan melalui kegiatan advokasi dan pemberdayaan di bidang kesehatan, ekonomi, pendidikan, lingkungan hidup, seni dan budaya, aksesibilitas, hukum dan HAM. LINKSOS juga mengembangkan penelitian dan publikasi. 

Strategi Keberlanjutan

LINKSOS menfasilitasi pembentukan forum-forum lintas sektor dan kelompok pemberdayaan sebagai strategi keberlanjutan, diantaranya Forum Malang Inklusi (FOMI), Forum Inklusi Kota Batu (FIK Batu), Kelompok Inklusi Disabilitas (KID), dan Satuan Komunitas Pramuka (Sako) Inklusi. 

Program

Bidang Kesehatan

Dukungan lingkungan dan masyarakat sangat penting sebagai upaya pemenuhan hak disabilitas. LINKSOS mengembangkan Posyandu Disabilitas, Nol Kusta dan Teman Pulih dan UKS Inklusif sebagai bentuk pemberdayaan masyarakat di bidang kesehatan. LINKSOS konsisten di pemberdayaan kesehatan sejak tahun 2014. 

Bidang Pendidikan

Penyandang disabilitas masih mengalami hambatan menempuh pendidikan formal.  Untuk itu LINKSOS membuka akses pendidikan non formal melalui Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) yang diperkuat dengan kegiatan kepramukaan Sako Inklusi dan sosialisasi bahasa isyarat Indonesia (Bisindo). 

Bidang Ekonomi dan Ketenagakerjaan

Pemberdayaan ekonomi dilakukan LINKSOS sejak tahun 2015 melalui unit UMKM Omah Difabel. LINKSOS juga mengembangakan unit Disabilitas Siap Kerja untuk meningkatkan akses penyadang disabilitas di sektor formal. 

Bidang Lingkungan Hidup

Difabel Pecinta Alam (Difpala) merupakan unit pemberdayaan masyarakat di bidang pelestarian alam dan lingkungan. Sejak masa pandemi tahun 2020, komunitas ini konsisten melakukan penghijauan dan merawat lingkungan serta respon sosial bencana. 

Bidang Seni dan Budaya

Seni dan Budaya tak lepas dari kehidupan manusia tanpa terkecuali penyandang disabilitas. Untuk itu LINKSOS mengembangkan kelompok tari, tarik suara, melukis, serta pengenalan kebudayaan melalui kunjungan museum dan candi-candi. 

Bidang Aksesibilitas

LINKSOS bersama organisasi penyandang disabilitas dan penyedia fasilitas publik melakukan kampanye aksesibilitas pelayanan dan fasilitas. Kampanye dalam bentuk audit aksesibilitas dengan output rekomendasi peningkatan aksesibilitas berdasarkan desain universal. 

Bidang Hukum dan HAM

LINKSOS bekerjasama dengan lintas organisasi penyandang disabilitas, Lembaga Bantuan Hukum dan organisasi profesi terkait melakukan edukasi hukum dan HAM serta pelatihan paralegal inklusif. Sasaran edukasi adalah penyandang disabilitas, masyarakat umum dan seluruh sektor. 

Bidang Penelitian dan Pengembangan

Perguruan tinggi menjadi mitra utama penelitian dan pengembangan model advokasi dan pemberdayaan masyarakat serta alat bantu disabilitas adaptif. LINKSOS juga berjejaring dengan organisasi sosial untuk distribusi alat bantu disabilitas adaptif. 

Bidang Media dan Publikasi

LINKSOS bekerjasama dengan media massa di bidang pemberdayaan literasi masyarakat. Kerjasama tersebut dalam bentuk liputan kegiatan, podcast desa-desa/kelurahan inklusi, pelatihan menulis dan lainnya.  

Advokasi dan Kemitraan Nasional

Kesepahaman KND RI-LINKSOS di Bidang Advokasi dan Edukasi Masyarakat

Momen penandatangan nota kesepahaman Komisi Nasional Disabilitas (KND) RI dan Lingkar Sosial Indonesia (LINKSOS) tentang advokasi kebijakan dan edukasi masyarakat, 18 Maret 2023 di Putuk Lesung Gunung Arjuno.

Kerjasama KND RI-LINKSOS di Bidang Cinta Alam dan Kepramukaan

KND RI dan LINKSOS melakukan perjanjian kerja sama tentang pengarusutamaan isu disabilitas dalam kegiatan cinta alam dan kepramukaan, Sabtu 16 September 2023 di Sanggar Bakti Pramuka Lawang. 

Kerjasama Universitas Ma Chung-LINKSOS untuk Riset Alat Bantu Disabilitas berbasis Human Walfare

Universitas Ma Chung berkerjasama dengan Lingkar Sosial Indonesia (LINKSOS) sejak 2018 di bidang penelitian alat bantu disabilitas berbasis human welfare atau kesejahteraan manusia.

Kerjasama NLR Indonesia-LINKSOS untuk Pencegahan dan Penanggulangan Kusta

Sejak tahun 2019, NLR Indonesia menjadi mitra dan jaringan strategis Lingkar Sosial Indonesia (LINKSOS) dalam upaya penanggulangan dan pencegahan kusta. 

Penghargaan