Paat Relawan Dibalik Sukses Evakuasi Korban Pasung di Malang

MALANG – Dibalik kesuksesan evakuasi korban pasung oleh Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa bersama lintas sekoral, belum lama ini di Desa Jambangan Dampit Malang, Ada peran relawan bernama Paat (49) yang memiliki peran tak bisa dipandang sebelah mata, sebab kiprahnya merupakan poin penting kontribusi memberikan keberhasilan operasi pembebasan pasung tersebut.

Paat merupakan relawan yang dikirim oleh Lembaga Amil Zakat Nasional (LAZNAS) Baitul Maal Hidayatullah (BMH) Jatim gerai Malang untuk turut serta membebaskan pemasungan ODGJ di beberapa daerah di kabupaten Malang termasuk di desa Jambangan Dampit.

Pria yang memiliki jiwa sosial tinggi ini, telah melepaskan baut yang mengikat Suyanto (47) warga Dampit yang di pasung lebih dari 5 tahun di sebuah gubuk di belakang rumahnya.

Beberapa jepretan kamera dari berbagai media menunjukkan peran Paat. Pria yang memiliki hobi memancing ini nampak membersihkan debu serta kotoran lainnya yang menempel pada seluruh tubuh korban pasung Suyanto .

“Kami juga yang memandikan Suyanto, kemudian mengangkat dan memasukan ke ambulance RSJ Lawang bersama relawan lainya,” kata Paat.

Bagi pria kelahiran Malang yang kini tinggal di Balearjosari Blimbing Kota Malang, pekerjaan sosial juga merupakan hobi, dengan menjadi relawan sosial dia berharap bisa memberikan kemanfaatan bagi orang lain yang membutuhkan. “Semuanya ikhlas dan hanya berharap mendapatkan keberkahan dari setiap aktifitas yang sudah saya lakukan.” imbuhnya.

Penulis : Ruwiyanto

Editor: Ken