Membuat Hand Sanitizer dari Daun Sirih

Tetap santuy hadapi Corona Covid-19, meski masker dan hand sanitizer langka di pasaran. Anda bisa menggunakan daun sirih dan jeruk nipis untuk membuat hand sanitizer sendiri. Selain alami anti bakteri ini juga sama efektifnya dengan hand sanitizer berbahan etanol.

Penyebaran virus corona atau Covid-19 di Indonesia membuat sebagian masyarakat panik. Untuk antisipasi virus corona warga berlomba berburu masker dan hand sanitizer, sehingga kedua barang tersebut menjadi langka di pasaran.

Antisipasi lainnya adalah selalu mencuci tangan dengan sabun dan air yang mengalir. Namun hand sanitizer nampaknya tetap diperlukan untuk segala kondisi di pekerjaan maupun perjalanan. Karena stok langka, anda bisa membuat sendiri di rumah dengan bahan sederhana, yaitu daun sirih dan jeruk nipis.

Baca juga: Omah Difabel Inisiasi Penyemprotan Disinfektan Covid-19

Dilansir dari laman Youtube Universitas Airlangga Kamis (19/3/2020), dengan judul ‘Susah Mencari Bahan Hand Sanitizer? Coba Buat dengan Daun Sirih’, Ketua Departemen Farmasetika Fakultas Farmasi UNAIR, Dr Retno Sari menjelaskan cara pembuatannya.

Cara membuat:

  1. Ambil 50 gram daun sirih dari halaman, kemudian cuci bersih dan diangin-angin supaya kering
  2. Dipotong-potong kecil
  3. Panaskan air 200 ml
  4. Tuangkan air panas ke daun sirih yang sudah dipotong-potong
  5. Rendam kemudian steam dalam panci dengan api kecil selama 30 menit
  6. Setelah itu disaring hingga dapat ekstra air
  7. Tambahkan jeruk nipis
  8. Aduk dan tambahkan air

Agar hasilnya tidak berwarna, pada saat penyaringan ditunggu sampai dingin dulu daun sirihnya, kemudian jeruk nipisnya kita masukkan dulu dalam wadah penyaringan, baru daun sirinya disaring di situ. Jadi warnanya akan bening.

Baca juga: Pers Rilis Dukung Difabel Hadapi Corona Covid-19

 

Hand Sanitizer dari daun Sirih sama efektif dengan Etanol.

Menurut Retno Sari membuat berbahan etanol 70 persen tidaklah sulit, namun bahan itu sulit didapat masyarakat umum sebab memerlukan persyaratan khusus. Maka solusinya adalah menggunakan bahan yang kerap ada di pekarangan rumah yaitu daun sirih.

“Sebenarnya ini hasil penelitian kami sudah sejak 2006, pada saat itu sedang flu burung. Nah kita membuat alternatif hand sanitizer dari alam dengan bahan daun sirih,” jelasnya. Baunya pasti memang daun sirih, tapi ini efektif. Jadi kadar daun sirih yang 15 persen ke atas itu sama efektifnya dengan etanol, kemampuan mengurangi jumlah bakteri, semoga bermanfaat, pungkasnya.  (Ken)

 

Lihat di youtube:

Facebook Comments
WhatsApp chat