Kabar baik, di Kecamatan Lawang akan Dibangun Shelterd Workshop Peduli bagi Difabel

TEMANGGUNG – Dinas Sosial Kabupaten Malang mengirimkan beberapa perwakilan organisasi penggerak inklusi ke BBRSPDI Kartini Temanggung Jawa Tengah (3/3), guna mengikuti Diseminasi dan Pembekalan Keterampilan Teknis Pendamping SWP. Hal ini terkait rencana Dinsos akan membangun Shelterd Workshop Peduli (SWP) di Kecamatan Lawang.

Sesuai fungsinya, adanya shelter tersebut untuk membuka kesempatan kerja dan memberikan perlindungan bagi penyandang disabilitas. Peserta diseminasi berasal dari beberapa perwakilan organisasi penggerak inklusi di Lawang.

Pendamping peserta Kasie Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas Dinsos Kabupaten Malang, Flora Herlinda, S.Sos sebagai pendamping peserta diseminasi dan pembekalan tersebut mengatakan bahwa peserta akan mengikuti rangkaian kegiatan selama dua hari, mulai Rabu-Kamis, (4-5 /3/2020).

“Tujuan dari pelatihan ini, diharapkan nantinya para peserta memiliki keterampilan teknis sebagai pendamping dalam mengelola usaha SWP yang menjadi tanggungjawabnya,” kata Flora Herlinda. Biaya selama pelatihan, jelas perempuan berkacamata yang akrab disapa Linda tersebut berasal dari anggaran Kementerian Sosial RI melalui BBRSPDI Kartini Temanggung.

Sementara itu, Ketua Lingkar Sosial Indonesia (LINKSOS) Ken Kertaning Tyas, salah satu peserta pelatihan menyatakan dukungan penuhnya. Menurutnya adanya pelatihan ini selaras dengan Rencana Straregi dan Aksi (Renstra) Lingkar Sosial Indonesia Tahun 2020-2025.

“Renstra kami diantaranya diantaranya pendirian Posyandu Disabilitas minimal satu posyandu percontohan per kecamatan untuk menginisiasi adanya desa-desa/ kelurahan inklusi. Nah, di dalam posyandu tersebut terdapat pelatihan kerja pasca rehabilitasi, ini sangat nyambung dengan rencana pembangunan SWP tersebut,” terang Ken.

Lanjutnya, saya sangat senang mengikuti pelatihan ini, karena bisa sharing dengan beberapa teman yang berasal dari berbagai daerah untuk menangani persoalan disabilitas, terutama bisa ada ide-ide baru dalam membangun suatu jaringan dan pemberdayaan.

Ken berharap hal ini akan berkelanjutan mengingat potensi kerja-kerja kolaborasi yang bisa dilakukan para peserta yang memperoleh mandat Dinas Sosial Kabupaten Malang tersebut.  Selain Lingkar Sosial, mereka adalah TKSK Lawang, Paguyuban Oranngtua ABK Pelita Hati Lawang, serta Lembaga Amil Zakat Nasional Baitul Maal Hidayatullah (BMH) Jatim gerai Malang serta perwakilan dari kecamatan Lawang.

Penulis: Ruwiyanto

Editor: Ken.