Harapan Orangtua ABK Adanya Posyandu Disabilitas

“Harapan saya Posyandu Disabilitas ini akan semakin maju dan bisa diikuti oleh daerah-daerah lain, karena ini sangat bagus untuk anak-anak yang berkebutuhan khusus,” demikian disampaikan orangtua dari anak berkebutuhan khusus (ABK), Tatik Suwarni saat giat Posyandu Disabilitas (5/3) di Balai Desa Bedali Kecamatan Lawang Kabupaten Malang. Posyandu semacam ini sangat saya butuhkan, apalagi disini pelayanannya sangat baik, pengobatan bisa gratis, kalau ke dokter atau tempat lain bayar.

Suwarni menuturkan bahwa dulu waktu anak saya asih kecil kira-kira dua minggu sekali cek kesehatan di Pukesmas Lawang. Karena berat badannya kurang saya juga konsultesi ke ahli gizi.

Harapan Suwarni terkait Posyandu Disabilitas,” Saya juga ingin di Posyandu Disabilitas ada psikiater, untuk konsutasi, sebab dibutuhkan oleh ABK seperti anak saya. Agar kami bisa konsultasi lebih mendalam apa yang dibutuhkan oleh anak-anak kami, khususnya di bidang inteleknya itu supaya ada perkembangan yang lebih baik bagi anak saya khususnya dan ABK lainnya pada umumnya.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Desa Bedali Dewi Buyati menyatakan dukungan penuh pada Posyandu Disabilitas.

“Alhamdulillah kegiatan Posyandu sudah jalan sesuai harapan, dan selama ini kita telah berusaha menfasilitasi dengan sebaik-baiknya , dengan bukti antara lain telah kita buat jalan disabilitas pengguna kursi roda,” tutur Dewi Buyati (5/3) di sela kegiatan Posyandu Disabilitas di balai Desa Bedali Kec. Lawang Kab. Malang.

Untuk kegiatan Posyandu ini  kami anggarkan melalui dana desa tahun 2020. Selain untuk kebutuhan konsumsi juga sewa meja dan sebagainya demi semangat anak-anak disabilitas dalam mengikuti Posyandu.

“Yang jelas nanti banyak sekali yang kita programkan terkait kegiatan ini, kita akan berikan keterampilan yangg dibutuhkan, juga pemenuhan alat bantu disabilitas,” tandas Dewi Buyati.

Harapan senada disampaikan Ketua Posyandu Disabilitas, Kertaning Tyas.” Persoalan disabilitas merupakan tanggungjawab semua pihak. Selama ini difabel dalam masyarakat kerap kali terabaikan sebab stigma yang telah ada sejak lama.”

Organisasi Lingkar Sosial Indonesia sangat mendukung adanya replikasi atau pengembangan Posyandu ini ke desa-desa dan kelurahan di Jawa Timur khususnya dan meluas ke seluruh Indonesia. Untuk dukungan replikasi silahkan kontak official whatsapp Linksos di 085764639993 (Ken).