Cara Sederhana Membuat Disinfektan Standar WHO

Foto seorang warga dalam kegiatan gotong royong penyemprotan disinfektan buatan sendiri (25/3) di lokasi RW 10 Desa Bedali Kec Lawang Kab Malang.
Darurat Covid-19 selain hand sanitizer, cairan disinfektan termasuk barang yang paling dicari di pasaran untuk penanggulangan virus corona tersebut. Namun sebab langkanya keberadaan barang tersebut, membuat sebagian warga masyarakat berinisiatif membuat disinfektan sendiri. Berbagai cara ditawarkan di media sosial, dari yang paling sederhana hingga rumit. Yang tepat gunakan saja saran pakar/ ahlinya. Anda bisa mencampurkan 2 sendok makan bayclean/ pemutih pakaian per satu liter air. Dibawah ini uraian menurut ahli dan standar WHO.

Peneliti Kimia dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Dr. Joddy Arya Laksmono membenarkan bahwa cairan disinfektan bisa dibuat dengan campuran cairan pemutih pakaian atau pembersih lantai.

Pers Rilis: Dukung Difabel Hadapi Corona Covid-19

“Berdasarkan anjuran dari WHO, bahwa bahan-bahan yang dapat digunakan sebagai desinfektan adalah etanol dan sodium hipoklorit (pemutih). Kebanyakan larutan bahan pemutih rumah tangga mengandung 5 persen sodium hipoklorit (50000 bpja klorin),” kata Joddy. Dikutip dari artikrl Kompas berjudul Bagaimana Cara Membuat Cairan Disinfektan Sendiri?

Akan tetapi, bahan ini mudah dinonaktifkan jika terdapat bahan organik.

Bahan aktif yang ada di dalam cairan pemutih yaitu sodium hipoklorit yang memiliki beragam fungsi. Efektif membunuh bakteri, jamur, dan virus, termasuk virus influenza.

Pers Rilis: Omah Difabel Inisiasi Penyemprotan Disinfektan Covid-19

Bagaimana cara membuat disinfektan dari bahan pemutih pakaian?

Cairan pemutih pakaian yang biasa digunakan sehari-hari bisa dilarutkan dengan air biasa. Perbandingannya, 1:100.

“Anjuran dari WHO seperti berikut, pengenceran 5 persen sodium hipoklorit dengan perbandingan 1:100 biasa dianjurkan. Gunakan 1 bagian bahan pemutih untuk 99 bagian air ledeng dingin (pengenceran 1:100) untuk disinfeksi permukaan,” kata Joddy.

Bahan pemutih yang telah diencerkan ini dapat mendisinfeksi dalam waktu kontak 10-60 menit.

Joddy mengingatkan pentingnya memperhatikan takaran perbandingan penggunaan cairan pemutih dan air. Diupayakan, konsentrasi sodium hipoklorit yang ada sudah tidak terlalu tinggi.

Pers Rilis: Tanggap Covid-19 Desa Bedali Adakan Penyemprotan Disinfektan

“Sesuaikan perbandingan bahan pemutih dan air menurut kebutuhan untuk mencapai konsentrasi sodium hipoklorit yang sesuai. Misalnya, untuk preparat bahan pemutih yang mengandung 2,5 persen sodium hipoklorit, gunakan bahan pemutih dua kali lebih banyak yaitu, 2 bagian bahan pemutih untuk 98 bagian air,” jelas Joddy.

Takaran sederhana perbandingan bayclean dan air

Takaran sederhana adalah menggunakan sendok makan. Campurkan 2 sendok makan bayclean/pemutih pakain per satu liter air. Pewangi pakaian juga bisa ditambahkan seperlunya atau dengan takatan yang sama (2 sendok pewangi per liter air) untuk mengatasi aroma pemuth pakaian.  (Ken)